Sukses

Siapa Minat, Kominfo Buka Beasiswa Talenta Digital untuk 25 Ribu Orang

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka program Digital Talent Scholarship 2019. Beasiswa itu untuk berbagai kalangan demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang digital.

Dilansir dari Setkab.go.id, peserta program akan dilatih secara intensif untuk menguasai hardskill dan softskill sesuai dengan peminatan di bidang teknis Artifical Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things, dan Machine Learning serta beberapa tema pelatihan lainnya.

"Program Digital Talent Scholarship ditujukan untuk menyediakan talenta yang dibutuhkan dalam Revolusi Industri 4.0,: tulis Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu.

25.000 peserta beasiswa di bidang digital ini akan mengikuti pelatihan yang dikemas dalam empat akademi. Berikut selengkapnya:

1. Fresh Graduate Academy (FGA), yang ditujukan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK (atau yang terkait), Program ini terbuka bagi penyandang disabilitas;

2. Vocational School Graduate Academy (VSGA), program pelatihan intensif bagi lulusan SMK;

3. Coding Teacher Academy (CTA), yang ditujukan bagi para guru SMK, SMA, Madrasah Aliyah serta SMALB bidang TIK (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS), dan

4.Online Academy (OA), program pelatihan online bagi masyarakat umum, termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

"Beasiswa ini dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo berkerja sama dengan 31 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, 23 Politeknik dan 4 perusahaan teknologi global antara lain AWS, Cisco, Google dan Microsoft," ujar Ferdinandus.

Masa pendaftaran program dimulai tanggal 20 April 2019 hingga 19 Mei 2019. Jika ingin menunjang karier di dunia digital, klik di sini untuk mengunjungi laman resmi program Digital Talent Scholarship.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buka Program S2

Kominfo membuka kesempatan bagi PNS dan masyarakat umum untuk mendaftarkan diri dalam program beasiswa  S2 di luar negeri.

Program beasiswa S2 luar negeri ini dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme dan kapasitas sumber daya manusia di tahun anggaran 2019.

Beasiswa ditawarkan oleh Badan Penelitian dan pengembangan Sumber Daya Manusia Kemkominfo.

Dalam keterangan resmi Kemkominfo yang Tekno Liputan6.com kutip, beasiswa S2 Kemkominfo difokuskan di Tshinghua University yang ada di Tiongkok dan International Institute of Information Technology Bangalore di India.

Adapun jurusan yang ditawarkan terkait dengan Kebijakan Publik serta Teknologi Informasi untuk mendukung ekonomi digital. 

Rencananya, pendaftaran dan seleksi administrasi dilaksanakan hingga tanggal 24 April 2019.

Selanjutnya, terkait dengan prosedur pendaftaran, jadwal pendaftaran, hingga jadwal tes di perguruan tinggi bisa dilihat di masing-masing perguruan tinggi.

Mereka yang berminat bisa melihat keterangan lebih lanjut terkait penyelenggaraan program beasiswa melalui https://k-cloud.kominfo.go.id/s/BeasiswaLuarNegeriKominfo 

3 dari 3 halaman

Gelontorkan Rp 140 Miliar untuk Beasiswa

Sebelumnya, Kemkominfo menyebut bakal menggelontorkan Rp 140 miliar untuk beasiswa dengan tujuan menambah tenaga ahli di bidang digital. Indonesia membutuhkan 600 ribu tenaga kerja digital baru tiap tahunnya. 

"Kita butuh sebanyak 600 ribu digital talent setiap tahun dari berbagai level. Seperti teknisi, engineering, spesialis sampai managerial," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, saat melepas lulusan Apple Developer Academy, di BSD City, Kabupaten Tangerang.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, pemerintah fokus mempersiapkan di level teknisinya. Sebab, keterampilan yang akan dikuasai nantinya akan langsung terjun ke masyarakat, seperti pelaku startup.

Makanya, pemerintah sejak 2018 sudah menyiapkan beasiswa untuk belajar digital tersebut. Pada tahun pertamanya saja, Indonesia sudah meluluskan seribu orang untuk langsung bekerja di masyarakat.

Di tahun ini, pemerintah menargetkan bakal ada seribu orang mendapatkan beasiswa secara cuma-cuma. "Memangkan targetnya 20 ribu, yang daftar itu sampai 46 ribuan, lalu disaring menjadi 21 ribu. Dan yang sudah diterima itu seribu," kata Rudiantara.

Menurutnya, pada pertengahan April nanti, bagi mereka lulusan SMA atau SMK, D3 atau S1, hingga maksimal berusia 29 tahun, bisa ikut mendaftar secara online untuk beasiswa ini.

Sebab, pemerintah menargetkan kaum milenial untuk menjadi startup pembangun ekonomi digital di Indonesia dan revolusi industri 4.0.

Lalu, mereka akan ditempatkan di 40 universitas negeri dan swasta, terutama politeknik yang ada di Indonesia.

"Pemerintah yang bayar, Menkominfo mengeluarkan sekitar Rp 140 miliar. Itu untuk pinjaman ke kampus, tenaga pengajar, sampai transportasi mahasiswanya," ujar Rudiantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini