Sukses

Kehabisan Tiket Mudik, Naik Kereta Api Wisata Saja

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Pariwisata sebagai anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) menawarkan perjalanan mudik ataupun arus balik dengan menggunakan kereta wisata, bagi para pemudik yang kehabisan tiket kereta reguler ataupun kereta tambahan.

Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono mengatakan dengan menggunakan KA wisata, banyak sensasi dan fasilitas yang ditawarkan. Bahkan untuk menggaet penumpang, perusahaan akan memberikan diskon. 

"Kita akan membuat beberapa promo, khususnya pada arah yang kebalikan arah denga arus yang ramai," kata Totok kepada Liputan6.com, Kamis (18/4/2019).

Menurut dia, sampai saat ini sudah ada beberapa pesanan perjalanan untuk mudik nanti. "Untuk kereta wisata yang carter sudah ada beberapa yang pesan. Hanya saja keterbatasan penggandengannya," tegasnya.

Saat ini PT KA Pariwisata mengoperasikan beberapa kereta wisata, salah satunya dinamakan Sumatra. Apa saja fasilitasnya?

Kereta ini memiliki kapasitas tempat duduk ekslusif untuk 22 orang. Meski bercorak sama dengan kereta wisata Jawa, namun kereta wisata Sumatera ini tidak dilengkapi kamar tidur, diganti dengan ruang privat yang dilengkapi fasilitas Audio-video untuk berkaraoke atau menonton film.

Tersedia pula mini bar yang bersebelahan dengan ruang serba guna yang mana dapat digunakan sebagai tempat meeting atau menjadi meja makan keluarga.

Ruang utama yang ditata mewah dilengkapi Audio, Video/TV monitor, keseluruhan ruang kereta dilengkapi pendingin ruangan (AC), dan tak ketinggalan toilet yang bersih.

 
2 dari 2 halaman

Buruan Beli, Masih Ada 1,6 Juta Tiket Kereta Mudik Lebaran 2019

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan tiket kereta api untuk H-10 hingga H+10 lebaran 2019 baik kereta reguler atau kereta tambahan sudah terjual 1,2 juta kursi atau sekitar 41,8 persen hingga Rabu (17/4/2019) pagi.

Dikutip dari laporan PT KAI, maka jumlah kursi yang masih tersedia sebanyak 1,6 juta kursi atau sekitar 58,2 persen.

"Memang ini berbeda pendapat karena memang ada beberapa masyarakat yang mengatakan tiket lebaran sudah habis. Yang sebenarnya habis itu adalah jurusan-jurusan yang favorit," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro kepada Liputan6.com, Rabu (17/4/2019).

Disebutkannya, beberapa rute mudik yang paling banyak diburu para calon penumpang antara lain Solo, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya.

"Nah tetap saja kalau memang mereka tidak mendapatkan tiket, rajin-rajin buka. Karena bisa saja orang batal dan tak jadi bayar," tambah Edi.

Secara lebih detail, untuk kereta reguler tiket yang sudah terjual 1 juta kursi atau sekitar 43,6 persen dan yang masih tersedia 1,3 juta atau sekitar 56,7 persen. Di mana untuk kategori kelas, kelas eksekutif masih tersedia 799.012 kursi, kelas bisnis masih tersedia 77.753 kursi dan kelas eksekutif masih tersedia 471.208 kursi.

Sedangkan untuk kereta tambahan, hingga pagi ini pukul 06.00 WIB tiket kereta api yang sudah terjual sebanyak 170.207 kursi atau sekitar 34,6 persen. Sehingga yang masih tersedia yaitu 321.907 kursi atau srkitar 65,4 persen. Untuk kategori kelas, kereta tambahan kelas ekonomi masih tersedia 96.276 kursi, kelas bisnis 53.146 kursi dan kelas eksekutif 172.485 kursi.

Loading
Artikel Selanjutnya
KAI Gratiskan Tiket Kereta Lokal dan Perintis di 17 Agustus
Artikel Selanjutnya
KAI Atur Bawa Sepeda ke Dalam Kereta, Cek Syaratnya!