Sukses

Habiskan Rp 1,4 Triliun buat Kampanye, Harta Sandiaga Uno Terkuras Sepertiga

Pada pilpres ini, Sandiaga Uno menyebut hartanya turun sepertiga.

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Uno tidak hanya calon wakil presiden, melainkan sponsor penting dalam pemenangan calon presiden Prabowo Subianto. Sandiaga pun mengaku mengeluarkan triliunan rupiah.

Dilaporkan Bloomberg, Sandiaga mengaku sudah mengeluarkan sekitar USD 100 juta atau Rp 1,4 triliun untuk pemenangan (USD 1 = Rp 14.280).

Dia pun menyebut hartanya sudah turun sekitar sepertiga. Sebagai catatan, harta Sandiaga Uno dilaporkan mencapai Rp 5 triliun.

"Jumlahnya menurun signifikan pada 2018. Saya mungkin sudah kehilangan sepertiga harta saya," ucapnya.

Jika klaim itu benar, berarti kontribusi Sandiaga Uno ke dana kampanye Prabowo telah meningkat signifikan ketimbang yang sebelumnya dilaporkan.

Pasalnya, Februari lalu Sandiaga "hanya" dilaporkan berkontribusi Rp 95,4 miliar (USD 6,7 juta) untuk pemenangan kubunya. Kontribusi Sandiaga itu tercatat mencapai 71 persen dari total dana kampanye sebesar Rp 134 miliar (USD 9,4 juta).

Ia pun mengaku tidak ambil pusing apa kata pengamat mengenainya. Fokus Sandiaga pun terpusat pada tanggal pencoblosan 17 April 2019 mendatang. Sandiaga Uno juga percaya diri ia memiliki momentum untuk menang melawan petahana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dana Minim, Sandiaga Tak Undang Artis di Kampanye Terbuka

 Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dijadwalkan menggelar kampanye rapat umum mulai 24 Maret hingga 13 Apri 2019. Cawapres Sandiaga Uno menyatakan, pihaknya tidak akan mengundang artis ibu kota di acara kampanye terbuka ini.

"Nah ini, kita minim publik figur. Hehehe. Kita kan paket hemat sekali, pahese," ucap Sandiaga di Jalan Kertanegara Nomor 04 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 23 Maret 2019.

Sandi mengatakan, menghadirkan artis butuh biaya yang tidak murah. Prabowo-Sandi tak punya dana untuk hal tersebut.

"Kami minim untuk bisa mengajak publik figur yang bisa membawa masa atau menghibur. Jadi kita keliatannya belum bisa menghadirkan figur publik," ujar dia.

Prabowo-Sandiaga memulai kampanye akbar secara terpisah. Prabowo mengawali kampanye di Kota Manado dan Makassar. Sedangkan Sandiaga di Kabupaten Sragen Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.