Sukses

5 Jurus Ubah Lingkungan Kerja Negatif Jadi Menyenangkan

Lakukan 5 hal ini untuk mengubah lingkungan kerja negatif menjadi menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta - Lingkungan kerja yang positif merupakan salah satu pendukung bagi karyawan untuk memberikan kinerja yang maksimal.

Namun sayangnya, tidak semua karyawan mendapatkan lingkungan kerja yang positif dan tentunya ini begitu membuat tidak nyaman bagi para karyawan.

Oleh karena itu, mengubah lingkungan kerja terkadang diperlukan jika sudah merasakan hal-hal yang menimbulkan ketidaknyamanan. Mau tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar lingkungan kerja kembali positif? Penasaran?

Berikut 5 hal yang harus Anda lakukan untuk mengubah lingkungan kerja negatif menjadi lebih positif dilansir dari laman Thrive Global:

1. Ubahlah pola pikir Anda

Terkadang yang salah bukanlah lingkungan kerja, tapi pikiran yang ada dalam benak Anda. Untuk itu, mulailah untuk berpikir positif. Berusahalah menjadi insipirasi bagi diri sendiri ketika Anda sudah merasa kehilangan motivasi dalam bekerja.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Janganlah terlalu bersikeras untuk menyelesaikan semua masalah sendiri

Terkadang ada beberapa masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri, untuk itu janganlah begitu keras memaksa diri Anda untuk menyelesaikannya sendirian.

Sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu, cobalah untuk pikirkan kembali apakah masalah tersebut dapat Anda selesaikan atau tidak. Jika tidak maka tinggalkanlah, tapi jika Anda merasa yakin ini dapat diselesaikan maka selesaikanlah.

3. Belajarlah untuk mendelegasikan

Menguasai seni delegasi akan membantu Anda untuk mengatasai situasi apapun. Tidak hanya itu saja, ini juga akan membuat Anda lebih mudah dan efisien dalam mengelola suatu tugas. Terkadang tidak mampunya menyelesaikan suatu tugas dapat memicu Anda untuk berpikir negatif.

 

3 dari 3 halaman

4. Buatlah hubungan yang positif antar rekan kerja

Cara yang baik untuk memerangi hal negatif yaitu dengan cara mengembangkan hubungan yang postif antara rekan kerja. Permusuhan antara karyawan adalah salah satu faktor utama yang membuat lingkungan kerja Anda beracun.

Janganlah ragu untuk sekali-kali merayakan sesuatu yang dapat mempererat hubungan Anda dengan karyawan lainnya, misal berikanlah kejutan ulang tahun rekan kerja atau bahkan atasan Anda.

5. Waspadai situasi

Sangat penting bagi Anda untuk mengenali faktor-faktor negatif yang akan mengubah lingkungan kerja. Cobalah untuk mencari tahu alasan yang membuat Anda merasa lingkungan kerja begitu negatif.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.