Sukses

Hasil Tes Awal 11.000 Lowongan Kerja BUMN Diumumkan 19 April

Liputan6.com, Jakarta - Hari Minggu besok adalah hari terakhir pendaftaran lowongan kerja BUMN. Sejauh ini sudah sekitar 940 ribu orang ikut pendaftaran. 

Seperti dikabarkan sebelumnya, peserta yang mendaftar harus mengisi soal-soal online yang diberikan BUMN. Jika lulus maka akan membuka peluang pada tahap berikutnya sekaligus memilih maksimal 3 BUMN yang diminati. 

Namun, pengumuman akan jatuh pada pertengahan bulan depan, yakni 19 April 2019. Salah satu cara pengumumannya adalah lewat e-mail kepada peserta, meski ada kemungkinan jalur-jalur lain.

"Kan nanti diumumin dulu. Nanti ke bersangkutan di e-mailnya juga diumumkan, nanti segala cara pengumumannya," ucap Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Rosadi Harman kepada Liputan6.com, Sabtu (23/3/2019). 

Seusai penutupan pendaftaran lowongan kerja BUMN, semua agenda rekrutmen hanya berjalan secara internal. Beberapa di antaranya adalah penilaian dan administrasi. 

"Ini internal panitia saja, menghimpun serta meng-capture berapa banyak yang peminat, dan (jumlah) akhirnya berapa. Terus dilihat semua yang masuk, mereview, termasuk administrasi yang ada, sekaligus dilihat hasilnya seperti apa," ungkap Herdy. 

Terdapat total sebesar 11 ribu lowongan yang dibuka oleh BUMN. Peminat yang ingin melamar juga masih punya kesempatan untuk mendaftar serta ikut tes online awal hingga Minggu besok.

2 dari 2 halaman

Ingat Hal Ini Saat Ikut Tes 11.000 Lowongan Kerja BUMN

Program Perekrutan Bersama BUMN (PPBB) yang berlangsung pada 2019 mencapai 11.000 lowongan menjadi perekrutan terbesar. Tidak heran ini membuat antusiasme masyarakat membludak. Hingga minggu siang, jumlah pendaftar PPBB mencapai 704.758 orang.

Hal ini diungkapkan Ketua Forum Human Capital Indonesia, Herdy Rosadi Harman pada Liputan6.com.

Untuk itu, BUMN berencana memperpanjang tenggang waktu pendaftaran hingga 24 Maret 2019, dari awalnya Minggu sebelumnya.

Selain belajar dan berdoa, Herdy menambahkan satu hal yang perlu diperhatikan para pelamar. “Yang penting jaga kondisi badan dan kesehatan, biar bisa fokus dan tenang dalam mengerjakan tesnya,” jelas dia.

Sebagai tambahan informasi, ada 3 tahapan tes yaitu, Seleksi administrasi dan TKD (Tes Kemampuan Dasar & BUMN Values) yang harus dilaksanakan oleh semua peserta, TKB (Tes Kemampuan Bidang) yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing BUMN.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Menteri Rini Jamin Harga Sewa Lapak di Rest Area Lebih Terjangkau
Artikel Selanjutnya
Lowongan Kerja Bisa Keliling Dunia Gratis dengan Gaji Rp 521 Juta, Ini Syaratnya