Sukses

11.000 Lowongan Kerja BUMN Ditutup Hari Ini, Kamu Sudah Daftar?

11.000 lowongan kerja BUMN masih dibuka bagi Anda yang ingin bergabung.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini masuk H-1 penutupan lowongan kerja di perusahaan BUMN. Seperti diketahui, BUMN membuka sebanyak 11 ribu posisi di 110 perusahaan.

Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Harman menyebut peserta masih dapat terus mendaftar hingga pukul 00:00. Penutupan lowongan juga telah diperpanjang hingga hari ini sesuai dengan jadwal BUMN.

"Masih bisa (daftar) sampai 00.00 nanti. Sesuai dengan plan-nya," ucap Herdy kepada Liputan6.com.

Hingga Sabtu siang, pendaftar lowongan kerja BUMN telah menembus angka 940 ribu. Angka ini sudah diantisipasi BUMN, meski ada peluang pendaftar menembus 1 juta.

Begitu mendaftar, peserta mendapat tes yang dapat dikerjakan secara online. Setelahnya, peserta dapat menunggu hingga waktu pengumuman.

Namun, hasil tes BUMN tidak akan langsung diumumkan setelah pendaftaran tutup. Herdy menyebut pihak panitia perlu waktu untuk memeriksa hasil tes hingga tanggal 19 April nanti.

"Hari ini itu batas akhir masa pendaftaran. Pengumuman 19 April," jelas Herdy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Tembus 1 Juta Orang Pelamar

Sebelumnya, proyeksi jumlah pelamar adalah mencapai 900 ribu. Ketika ditanya apakah jumlah pelamar dapat menembus 1 juta orang, pihak BUMN pun berkata ada kemungkinan tersebut.

"Bisa jadi. Possible," ujar Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy kepada Liputan6.com,seperti ditulis Kamis, 21 Maret 2019.

Target peserta yang menembus 1 juta orang bukanlah tanpa dasar. Pada Minggu, 10 Maret 2019, jumlah pelamar ada di kisaran 145 ribu orang, dan kini meningkat hampir enam kali lipat dalam 10 hari.

Herdy menyebut rata-rata pendaftar harian bisa mencapai puluhan ribu orang. Sementara, jumlah lowongannya yang tersedia di BUMN adalah sebanyak 11 ribu

"50 ribuan sehari kalau mau dirata-ratakan," terang Herdy.

BUMN pun masih menanti peserta yang tertarik ikut lowongan. Herdy menjelaskan, hal itu turut menjadi alasan perpanjangan waktu pendaftaran hingga tanggal 24 Maret mendatang. 

Setelah lolos tes pertama yang dilaksanakan secara online, para peserta dapat langsung memilih maksimal tiga BUMN yang mereka minati. Pemilihan BUMN dapat dilakukan sebelum mengambil tes kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini