Sukses

Tesla Tuduh Miliarder China Curi Rahasia Perusahaan

Liputan6.com, Guangzhou - Perusahaan mobil listrik Tesla menuduh seorang miiarder asal China telah mencuri perusahaan. Ternyata, orang itu juga merupakan bekas insinyur Tesla.

Dilaporkan Bloomberg, miliarder He Xiaopeng (41) dituding mencuri rahasia dagang dari Tesla dan Apple. Informasi yang diduga ia curi adalah terkait autopilot, dan itu terjadi sebelum ia bekerja di XPeng sebagai chairman.

Xpeng Motors adalah startup asal China yang juga berbisnis kendaraan listrik pintar. He Xiaopeng membantah tuduhan Tesla dan berkata dirinya menghormati hak kekayaan intelektual.

"Saya juga seorang engineer komputer, dan saya sungguh menghormati kekayaan intelektual. Kami pun tidak akan senang bila HAKI kami diambil oleh pegawai," jelas He Xiaopeng. Ia juga menambahkan tidak akan meniru pesaing karena akan mengakibatkan perusahaan tidak kompetitif. 

Tuduhan Tesla datang delapan bulan setelah bekas pegawai Apple dituduh mencuri rahasia sensitif mengenai mobil tanpa awak yang Apple kembangkan. Pegawai itu juga memiliki hubungan dengan Xpeng.

Meski demikian, masalah ini masih sebatas ke tindakan para pegawai tersebut, dan belum mengarah ke Xpeng. Perusahaan itu pun sedang berusaha mengumpulkan dana hingga USD 5 miliar atau Rp 71,5 triliun (USD 1 = Rp 14.307).

Pesaing Tesla ini memiliki nama lengkap Guangzhou Xiaopeng Motors Technology Co. Ltd ini bermarkas di Guangzhou, Menurut data CB Insights memiliki valuasi sekitar USD 3,65 miliar (Rp 52,2 triliun).

 

2 dari 2 halaman

Tesla Bakal Hadirkan Truk Pikap Listrik Bergaya Cyberpunk

Setelah konfirmasi Tesla Model Y akan tayang perdana pada 14 Maret, Tesla Chief Executive, Elon Musk mengumumkan truk pikap yang telah lama ditunggu-tunggu akan melakukan debut akhir tahun ini.

Seperti dilansir Carscoops, Jumat, 8 Maret 2019, Musk beberapa kali berbicara mengenai truk pikap Tesla beberapa bulan terakhir. Bahkan, Ia mengumumkan hal tersebut melalui media sosial pribadinya.

“Secara pribadi, saya paling senang dengan Tesla Truck. Mungkin itu akan terlalu futuristik bagi kebanyakan orang, tetapi saya menyukainya, ”tulisnya dalam akun Twitter @elonmusk.

Tesla telah beberapa kali merilis gambar teaser truk pikap. Gambar tersebut bahkan kembali dirilis pada akhir 2017, saat Tesla Semi dan Tesla Roadster generasi kedua meluncur.

Kabarnya Tesla truck akan diluncurkan akhir tahun ini. Bahkan, mobil yang akan diluncurkan kabarnya merupakan versi produksi.

“Saya pribadi sangat senang dengan truk pikap ini. Itu adalah sesuatu yang sudah lama ingin saya buat. Dan saya telah mengulangi semacam desain. Sepertinya saya benar-benar menginginkan sesuatu yang seperti super-futuristic cyberpunk," ujar Musk melalui media sosial yang sama.

“Jika hanya ada sedikit orang yang menyukai truk itu, saya kira kita akan membuat truk yang lebih konvensional di masa depan. Tapi itu hal yang secara pribadi paling membuatku bersemangat. Ini akan memiliki banyak titanium," sambungnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tesla PHK 150 Pegawainya Lagi, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Isi Daya Cuma 5 Menit, Mobil Listrik Ini Bisa Menempuh Jarak 120 Km