Sukses

5 Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan di Daerah Wisata yang Populer

Liputan6.com, Jakarta Memulai sebuah bisnis sebaiknya berangkat dari permintaan pasar. Jika Anda tinggal di daerah wisata yang populer dan ramai, tentu itu jadi peluang bisnis yang bagus.

Kalau sudah memiliki cukup modal dan masih bingung mau bisnis seperti apa, berikut ini beberapa contoh usaha dan bisnis yang cocok di daerah dekat tempat wisata.

Bisnis kuliner

Di daerah wisata yang ramai tentunya kuliner jadi bisnis yang paling seksi. Tidak mungkin wisatawan hanya jalan-jalan dan foto-foto destinasi wisata, mereka juga butuh makan dan minum. Kalau Anda membuka bisnis kuliner, bisa menyesuaikan dengan tradisi dan budaya setempat.

Jika terlalu banyak jenis makanan yang sama, tentu Anda harus menambahkan cita rasa yang berbeda ataupun memilik jenis kuliner lain. Bisa juga Anda menghidangkan menu khas daerah lain di tempat tinggal Anda

Bisnis penjualan oleh-oleh

Tak lengkap rasanya berwisata tanpa membawa pulang oleh-oleh. Beberapa bisnis penjualan oleh-oleh yang cukup laris manis dan bisa Anda coba di antaranya souvenir, snack dan cake, kerajinan khas daerah setempat, kaos atau busana yang bercorak atau bergambar tempat wisata setempat hingga makanan khas daerah.

Bisnis penyewaan kendaraan

Bisnis sewa kendaraan jadi bisnis yang seksi di daerah yang dekat dengan tempat wisata. Akan banyak wisatawan yang membutuhkan kendaraan roda empat maupun roda dua untuk menuju destinasi wisata dan keliling kota. Anda bisa memberikan layanan lepas kunci atau sekaligus melengkapi dengan driver. Pastikan identitas konsumen jelas dan lengkapi dengan syarat dan ketentuan penyewaan untuk melindungi kendaraan Anda. 

Tour and Travel

Memiliki ruang lingkup lebih besar dari sekadar penyewaan kendaraan, bisnis tour and travel jadi yang menggiurkan di dunia pariwisata. Selain menyediakan pilihan armada, pelaku bisnis juga berperan sebagai tour guide dan memfasilitasi segala hal kebutuhan wisatawan mulai dari penginapan dan makanan.

Banyaknya kegiatan wisata dan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), membuat bisnis ini sangat dibutuhkan. Guna memberikan layanan yang terbaik dan profesional, pelaku bisnis tour and travel tentu dituntut melengkapi armada sesuai dengan beragam kebutuhan. Mulai tipe mobil sedan, hatchback, MPV, SUV, van komersial hingga bus. Khusus untuk jenis van komersial, Toyota menghadirkan lini produk baru yang lebih nyaman dan mewah.

Memenuhi kebutuhan segmen pasar penyedia jasa travel dan pariwisata, Toyota menghadirkan Hiace sebagai produk andalannya. Mobil ini memiliki desain yang lebih mewah dan elegan dibandingkan dengan mobil lain yang setipe. Selain menawarkan kenyamanan maksimal untuk pengemudi dan penumpang, produk Toyota Hiace juga dapat memberikan keuntungan lebih bagi pemilik kendaraan atau pebisnis travel dan pariwisata.

Unique selling point dari Toyota Hiace adalah fitur kenyamanan dan keselamatan yang disematkan. Hal ini bisa dirasakan dari suspensi yang lembut, kebisingan rendah, dan getaran kecil. Memiliki tiga varian, Toyota Hiace bisa diperuntukan untuk segmen lower, lower-middle, dan middle-up. Tipe standar dan commuter dapat mengakomodasi 16 penumpang, sementara New Hiace Luxury dengan kapasitas 11 penumpang lengkap dengan captain seat dapat ditujukan untuk tamu yang middle-up atau premium.

Bisnis event organizer

Tidak sedikit lho orang atau perusahaan yang mengadakan sebuah acara di daerah tempat wisata baik untuk pertemuan bisnis, pernikahan, launching produk dan lain-lain. Jadi, jasa event organizer sepertinya cukup dibutuhkan. Bisnis ini juga memiliki kaitan dengan dengan tour and travel. Jadi, bukan hal yang aneh jika Anda memilih membuka bisnis event organizer di daerah dekat tempat wisata.

Itulah beberapa contoh usaha dan bisnis yang cocok untuk Anda yang tinggal di daerah yang pariwisatanya berkembang dan maju.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kelebihan Rental Mobil Toyota Hiace Dibanding Mobil Komersial Lain
Artikel Selanjutnya
6 Keuntungan Perusahaan Pilih Jasa Rental Mobil untuk Kendaraan Operasional