Sukses

Perhitungkan 5 Hal Ini Sebelum Pindah Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Mau pindah kerja karena suasana kerja yang tak lagi nyaman? Kondisi lain, kamu mau pindah kerja karena ada tawaran pekerjaan yang lebih menggiurkan?

Sebenarnya, pindah dan resign dari pekerjaan lama bukan hal yang salah. Namun, sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk berhenti, ada baiknya jawab 5 pertanyaan ini sebelum menyesal nanti!

Apa saja? Ini dia daftarnya, sebagaimana dilansir dari Swara Tunaiku!

1. Bagaimana Prospek Gaji di Tempat yang Baru

Hal pertama dan paling utama yang harus dipertimbangkan sebelum mau pindah kerja adalah masalah gaji. Tak bisa dimungkiri, masalah yang satu ini adalah hal yang sensitif.

Bukannya matre, tetapi kamu harus realistis agar bisa mencukupi kebutuhan ke depannya. Tanyakanlah mengenai prospek gaji di tempat yang baru.

Misalnya, apakah ada kenaikan gaji setiap tahunnya dan kemungkinan untuk mendapatkan bonus, tunjangan, dan masih banyak lagi?

Kamu tak boleh hanya mempertimbangkan gaji bulanan besar yang akan diterima saja. Bisa-bisa, kamu menyesal sendiri nanti kalau tak menanyakan semua dengan jelas.

2 dari 3 halaman

2. Apakah Dana Darurat Saya Mencukupi?

Sebelum kamu memutuskan untuk pindah kerja, ada baiknya kamu memiliki pos dana darurat yang bisa digunakan untuk kondisi tak terduga, seperti kecelakaan, kiriman untuk orang tua, dan lainnya.

Dana darurat ini adalah simpanan kamu selama bekerja di tempat sebelumnya. Besaran idealnya, harus 12 kali dari gaji bulanan.

Pastikan dulu dana darurat ini mencukupi untuk menghidupimu beberapa waktu kemudian sampai kamu mendapatkan pekerjaan baru.

Toh, kalau ada tempat kerja yang mau menampungmu, apa kamu yakin diterima? Bisa jadi, calon perusahaan baru tersebut belum bisa memberi kepastian, kan?

3. Apakah Ada Biaya Hidup Tambahan Tak Terduga di Kantor

Bila biasanya untuk pergi ke kantor kamu butuh waktu 15 menit berkendara, bagaimana dengan kantor barumu? Apakah kondisinya sama? Atau malah lebih jauh?

Kamu harus memastikan hal ini untuk mengira-ngira apakah ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan. Pasalnya, perubahan jarak ini akan memengaruhi biaya transportasi.

Selain itu, biasanya akan ada biaya tambahan hidup lain yang akan keluar, seperti biaya pergaulan karena rekan-rekan kerja barumu hobi hangout. Bisa juga biaya lebih untuk merawat diri karena perusahaan baru mengharuskanmu untuk tampil rapi dan berpakaian mahal.

3 dari 3 halaman

4. Bagaimana Perbandingan Benefit Asuransi dengan Kantor Sekarang?

Bagi kamu yang belum memiliki asuransi pribadi, mempertimbangkan hal yang satu ini sangat penting. Detail asuransi ini harus kamu tanyakan, karena sebenarnya ini memang hak kamu.

Misalnya, asuransi itu menutup untuk anggota keluarga mana saja atau hanya kamu. Siapa provider asuransi tersebut, apa keuntungannya, dan lain sebagainya.

5. Apakah Pekerjaan Itu Menciptakan Kemajuan

Selain itu, coba tanyakan pada dirimu, apakah dengan bekerja di tempat yang baru akan membawa kemajuan pada diri kamu?

Oke, gaji dan benefit lainnya lebih besar. Bagaimana dengan lainnya? Misalnya tentang waktu kamu, kemampuan yang akan didapat dan lainnya? Dalam banyak kasus, pekerjaan baru butuh keterampilan lebih kalau mau berkembang, lo!

Jadi, apakah kamu sudah menanyakan pada diri sendiri apa bisa tempat kerja yang baru dan dirimu memenuhi semua pertanyaan di atas? Kalau belum, pikir-pikir lagi sebelum menyesal.

Namun, kalau kamu ingin resign lalu buka usaha sendiri, tak apa. Mungkin hasilnya akan lebih baik.

Pengemudi Ojek Online Tuntut Perbaikan Tarif
Loading
Artikel Selanjutnya
Hilangkan 8 Sifat Buruk Ini Jika Ingin Sukses di Masa Depan
Artikel Selanjutnya
Sering Lupa Banyak Hal? Ini Tipsnya Biar Gampang Ingat