Sukses

Pertamina dan Petronas Bersinergi Kembangkan Bisnis Migas

Pertamina dan Petronas sepakat untuk melakukan pertukaran minyak mentah.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) dan Petroliam Nasional Berhad (Petronas) sepakat bersinergi untuk mengembangkan bisnis minyak dan gas (migas) dan turunannya di dalam negeri atau di luar wilayah Indonesia dan Malaysia.

Direktur Perencanaan Investasi & Manajemen Resiko Pertamina Heru Setiawan mengatakan, sinergi antara kedua perusahaan ini merupakan realisasi dari kerja sama antar pemerintah atau Government to Government (G to G) yang sudah terjalin cukup erat sebelumnya.

“MoU ini menjadi payung untuk membangun sinergi bisnis yang saling menguntungkan antara kedua perusahaan. Kerjasama ini mencakup kerjasama secara strategis maupun operasional,” kata Heru, Selasa (26/2/2019).

Menurut Heru, Pertaminadan Petronas akan menjajaki kemungkinan-kemungkinan kerja sama mulai dari bidang hulu hingga hilir.

Diantaranya adalah penelitian dan pengembangan, studi eksplorasi migas termasuk penerapan teknologi di blok migas dengan kesulitan karbondiogsida (CO2) tinggi, perdagangan sejumlah produk migas dan turunannya (kondensat dan petrokimia), dan energi terbarukan.

Kerjasama yang akan dijalankan pun bukan hanya berlokasi di Indonesia dan Malaysia, namun dapat dikembangkan ke negara lain seperti pengolahan minyak di Asia Timur dan penjajakan bersama peluang bisnis di benua lain.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bidang Niaga

Di bidang niaga, kedua perusahaan sepakat untuk melakukan pertukaran minyak mentah antara bagian produksi di Malaysia Lapangan Kikeh, Kimanis dan Kidurong dengan bagian produksi di Indonesia Lapangan Jabung dan Ketapang.

Sinergi bisnis ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding). Hadir dalam penandatangan kerja sama ini dari Pertamina antara lain Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko (PIMR) Heru Setiawan dan Direktur Hulu Dharmawan H. Samsu.

Sementara dari pihak Petronas, hadir EVP & CEO of Upstream Business Datuk Mohd Anuar Taib, EVP & CEO of Downstream Business Datuk Md Arif Mahmood, dan SVP Corporate Strategy En Mohamed Firouz Asnan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Petronas adalah salah satu perusahaan minyak dan gas yang berkantor pusat di Malaysia.

    Petronas