Sukses

4 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal dengan Keuntungan yang Berlimpah

Cara bisnis online shop ini mempunyai peluang yang cukup menggiurkan.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan internet saat ini memang memudahkan banyak orang untuk mencari informasi. Bukan hanya itu, internet juga dapat membuka pintu rezeki. Era modern dengan perkembangan teknologi yang jor-joran memberi kesempatan pada banyak pedagang untuk berjualan melalui dunia maya.

Belakangan, bisnis online juga banyak digandrungi. Mulai dari anak sekolah sampai ibu muda, semua mencoba peruntungannya masing-masing. Banyak orang yang mulai menekuni bisnis online shop. Tidak hanya karena faktor keuntungan yang menjanjikan, tetapi bisnis online ini bisa dikerjakan sebagai bisnis sampingan dari rumah.

Terlebih lagi, jiwa enterpreneur bisa dimiliki oleh siapa saja. Ini dibuktikan dengan banyaknya eksekutif muda yang kini ikut meramaikan perkembangan ekonomi nasional melalui bisnis online shop.

Selain itu, kekuatan media sosial pun sangat mendominasi dunia di era ini. Berbagai elemen masyarakat selalu memfokuskan perhatiannya di sana. Jadi, media sosial bisa menjadi alternatif menjalankan bisnis online karena diakses oleh jutaan orang setiap harinya, seperti di Instagram, Facebook, BBM, Line, SMS, Whatsapp, Instagram, dan lain-lainnya.

Nah, kira-kira bagaimana caranya agar Anda bisa memulai bisnis online shop tanpa harus merogoh kocek? Yuk simak selengkapnya 5 cara bisnis online shop tanpa modal, seperti yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Minggu (24/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sistem Pre Order

Cara bisnis online shop tanpa modal yang pertama ini adalah dengan membuka sistem pre order. Anda bisa memulai bisnis online tanpa modal karena Anda hanya perlu menjalin kerjasama dengan penyalur produk.

Misalnya, Anda berencana untuk memulai bisnis Hijab online. Tidak perlu repot memikirkan modal yang menggunung. Siapkan saja laptop atau komputer sebagai media penghubung antara Anda selaku penjual dengan konsumen. Jika tidak ada laptop, ponsel pun cukup untuk menjalankan bisnis ini.

Selanjutnya, buatlah katalog produk yang sudah disetujui oleh Anda dan penyalur produk. Beri tenggat waktu pemesanan sampai tanggal tertentu sebagai batas akhir pemesanan. Dengan cara ini, konsumen bisnis online milik Anda akan menyetorkan uang muka yang bisa digunakan untuk membayar produk kepada si penyalur.

Jangan lupa untuk mengatur tanggal pelunasan agar konsumen tidak hit and run alias kabur setelah Anda menyiapkan produk yang dipesan. Meskipun terlihat mudah, Anda harus tetap waspada dengan adanya penipuan, entah dari penyalur maupun konsumen ketika memilih cara bisnis online shop tanpa modal yang satu ini.

3 dari 5 halaman

2. Reseller atau Dropshipper

Cara bisnis online shop tanpa modal selanjutnya adalah dengan bertindak sebagai reseller atau dropshipper. Cara yang kedua ini juga cukup mudah karena Anda tidak perlu menyediakan stok barang.

Secara sederhana, menjadi reseller atau dropshipper berlaku sama seperti memasarkan produk yang telah Anda setujui dengan pemilik produk asli. Maka, Anda harus mempromosikan produk-produk yang sudah Anda setujui. Bisa berupa foto-foto di Instagram, Line, dan website lain.

Namun, pastikan Anda telah memilih produk dengan kualitas baik. Hal ini dilakukan agar nantinya tidak ada komplain dari konsumen. Selain itu, pastikan supplier atau penyalur produk adalah seseorang yang dapat dipercaya.

4 dari 5 halaman

3. Jasa Titip atau Hand Carry

Untuk cara yang berikut ini, Anda bisa merintis bisnis online shop tanpa mengeluarkan modal, yaitu dengan menyediakan jasa titip. Jastip atau hand carry untuk mendapat keuntungan melimpah biasanya dilakukan saat Anda sedang bepergian ke luar kota atau bahkan luar negeri.

Entah itu berlibur maupun acara kantor, Anda tidak akan mengeluarkan uang untuk membelanjakan barang titipan karena sebelumnya Anda telah mempromosikan di media sosial. Sistemnya hampir sama seperti sistem pre order, yaitu dengan cara menentukan tenggat waktu pemesanan.

Sebelum pesanan ditutup, Anda akan mendapatkan uang berupa uang muka maupun pelunasan yang dapat Anda gunakan untuk membeli barang titipan tersebut. Namun, cara bisnis online shop tanpa modal yang satu ini memiliki beberapa kekurangan.

Salah satunya, Anda harus sering bepergian ke luar kota agar Anda bisa mendapat pesanan. Selain itu, karena barang yang ditawarkan biasanya bermacam-macam, Anda harus bepergian ke tempat berbeda yang pasti akan menguras tenaga.

5 dari 5 halaman

4. Translator

Selain ketiga cara di atas, ada lagi cara bisnis online shop tanpa modal yang menggiurkan. Berbeda dengan tiga cara sebelumnya, cara yang ini menyediakan jasa untuk pelanggan. Seperti namanya, translator dalam bahasa Indonesia berarti penerjemah.

Artinya, Anda menyediakan jasa terjemahan bagi mereka yang membutuhkan. Sudah pasti Anda tidak membutuhkan modal sepeserpun, kecuali komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk menerjemahkan tulisan.

Terlebih lagi, di zaman globalisasi seperti saat ini, bahasa asing begitu penting agar bisa berkomunikasi dengan sesama. Namun, bisa juga untuk kepentingan pendidikan dan karier seperti terjemahan abstrak atau resume. Selain itu, Anda tidak perlu mengurus produk-produk berwujud karena hanya dengan mengetik saja, Anda akan segera mendapatkan keuntungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.