Sukses

Dirut BCA: Hadirnya LinkAja Percepat Transaksi Cashless

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik, mudah dan lengkap bagi masyarakat Indonesia, layanan keuangan elektronik milik Telkomsel yaitu TCASH berubah menjadi LinkAja terhitung sejak tanggal 22 Februari 2019.

Menanggapi langkah ini, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, mengatakan bahwa pihaknya menyambut positif langkah tersebut.

"Saya kira pasar kan bebas saja. Demand kita sehari saja bahkan bisa 25 juta (transaksi). Jadi saya pikir enggak apa-apa bikin (sistem) payment seperti itu," kata dia, saat ditemui, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (22/2/2019).

Dia berpandangan dengan semakin banyaknya sistem pembayaran digital seperti itu, maka hal ini akan mengurangi penggunaan uang tunai alias mendorong transaksi cashless.

"Jadi kalau ada makin banyak payment platform mudah-mudahan kebutuhan uang tunai menurun. Jadi itu positif," ungkapnya.

Terkait strategi BCA sendiri dalam menghadapi persaingan berbagai produk uang elektronik, Jahja mengatakan meskipun belum digitalisasi pihaknya telah memiliki sejumlah sistem pembayaran melalui platform sejumlah merchant yang bekerjasama dengan BCA.

"Sekarang kita kan sudah ada platform merchant-merchant, BCA Card, ATM Card, itu kan semuanya platform, sama saja. Cuma bedanya belum digitalize saja," jelas dia.

"Jadi bukan kita bikin sendiri, tapi kita taruh di tempat orang seperti misalnya BliBli, Shope, itu kita coba taruh (sistem) OneKlik kita. Kita taruh di situ, jadi sama aja kan," tandasnya.

2 dari 3 halaman

saDompet Digital TCASH Berubah Jadi LinkAja

Layanan uang atau dompet digital milik Telkomsel yaitu TCASH efektif berubah menjadi LinkAja mulai Jumat (22/2/2019) ini. LinkAja adalah sebuah layanan keuangan elektronik yang merupakan sinergi layanan keuangan elektronik dari berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur PT Fintek Karya Nusantara (Finarya), Danu Wicaksana menjelaskan LinkAja bertujuan untuk menghadirkan layanan transaksi digital yang lebih baik, mudah dan lengkap bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

"Dengan perubahan ini, aplikasi TCASH akan otomatis terkonversi menjadi aplikasi LinkAja, sedangkan pelanggan yang masih menggunakan USSD harus memberikan persetujuan melalui menu akses *800#," kata dia dalam keterangan resminya, Jumat (22/2/2019).

Lalu apa aja yang berubah ?

Danu mengungkapkan semua layanan dan fitur yang sebelumnya tersedia pada layanan TCASH tetap dapat diakses dan dinikmati pada layanan LinkAja.

Bahkan, TCASH akan mengembangkan berbagai fitur baru untuk LinkAja dari waktu ke waktu.

"Hadirnya layanan keuangan yang menyeluruh dari LinkAja diharapkan dapat semakin mengakselerasi inklusi keuangan dan mempercepat terbentuknya cashless society yang diusung pemerintah dalam Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT)," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Perbedaan Kartu Ma’ruf dan Sandi di Debat Cawapres
Loading
Artikel Selanjutnya
Kasus Korupsi Dana Kemah, Polisi Panggil Ulang Petinggi PP Pemuda Muhammadiyah
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut: Harga Pangan Jangan Sampai Rugikan Petani