Sukses

Pertamina Bakal Tambah 18 SPBU di Jalur Tol Trans Jawa

Pertamina memastikan akan terus memberikan pelayanan terbaik, termasuk di sepanjang jalur tol Trans Jawa.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (persero) akan menambah 18 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalur Tol Trans Jawa sebelum momen Lebaran. Penambahan SPBU demi mengamankan pasokan BBM di jalur tol tersebut.

Ini diungkapkan Direktur Utama PT Pertamina (persero) Nicke Widyawati di Jakarta, Kamis (21/2/2019). "Kami jamin sebelum Lebaran akan ada tambahan SPBU sebanyak 18 lagi di sepanjang Trans Jawa. Jadi saya jamin ketersediaan BBM di sepanjang Trans Jawa terjamin. Jangan khawatir masuk tol susah cari BBM," jelas dia.

Direktur Pemasaran Ritel PT Pertamina, Mas’ud Khamid sebelumnya mengungkapkan ada penambahan 6 titik layanan BBM sementara guna memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan pengguna jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak hingga Pasuruan.

Enam titik tersebut diantaranya KM 275 A, KM 379 A, KM 391 A, KM 282 B, KM 360 B dan KM 626 A. Sejumlah SPBU tersebut melengkapi 32 SPBU yang sudah beroperasi saat ini.

"Selain pengoperasian 6 SPBU tersebut, Pertamina juga membangun SPBU permanen di 18 lokasi, yang direncanakan selesai sebelum saat puncak mudik lebaran 2019. Dengan demikian pengguna jalan tol tidak perlu khawatir dengan ketersediaan BBM di sepanjang Tol Trans Jawa," ujar dia. 

Dia memastikan jika Pertamina akan terus memberikan pelayanan terbaik, termasuk di sepanjang jalur tol Trans Jawa dengan mengoptimalkan SPBU yang ada, dan membangun SPBU baru.

Selain itu, bakal ada rencana penambahan titik SPBU di jalur tol yang akan dibangun pada 2019, yakni KM 260 B, KM 282 B, KM 287 A ruas Pejagan – Pemalang, KM 324 A, KM 339 B, KM 344 A Pemalang – Batang, KM 360 B, KM 378 A, 360 B Semarang – Batang, KM 519 A, KM 519 B, KM 575 A, 575 B Solo – Ngawi, KM 626 A, KM 626 B Ngawi – Kertosono, KM 725 A Surabaya – Mojokerto, KM 64 A dan KM 64 B Gempol – Pasuruan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Operasi

Layanan BBM tambahan ini akan beroperasi dari pukul 06.00 hingga 20.00 wib setiap harinya sejak 17 Februari 2019. SPBU sementara ini juga akan menyediakan Pertamax, Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex.

“Pertamina selalu berkomitmen untuk dapat menyediakan energi ke seluruh negeri. Layanan BBM yang kami siapkan di ruas tol trans jawa merupakan salah satu wujud untuk dapat memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat sehingga nantinya masyarakat lebih mudah mendapatkan akses mendapatkan BBM.” ujarnya.

Selain itu, Pertamina juga telah merencanakan pembangunan layanan BBM berupa SPBU di jalur tol trans Jawa pada 2018 lalu.

Langkah ini didahului oleh perjanjian kerjasama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya (Persero) serta nota kesepahaman dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Kerjasama ini menjadikan kerjasama keempat BUMN berdasarkan Peraturan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah nomor 354/KPTS/M/2001 tentang Kegiatan Operasi Jalan Tol dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10/PRT/M/2018 tentang Tempat lstirahat dan Pelayanan (TIP) bahwa untuk fasilitas minimum TIP Tipe A salah satunya harus dilengkapi SPBU.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • SPBU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

    SPBU

Video Terkini