Sukses

5 Cara agar Cepat Untung Meski Bisnis Baru Dimulai

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini fenomena berbisnis memang terbilang cukup berkembang pesat di masyarakat. Mulai dari bisnis kecil-kecilan hingga yang membutuhkan modal terbilang cukup besar.

Nah, agar bisnis yang baru Anda mulai atau rintis ini bisa menghasilkan untung yang diharapkan, lakukan tips-tips berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pemilihan Nama Produk atau Usaha yang Tepat

Pemilihan nama produk atau nama usaha yang tepat jadi poin penting yang harus diperhatikan. Dengan pemilihan nama yang tepat, produk atau usaha Anda pun akan mudah dikenal karena nama tersebut bernilai jual tinggi.

Pahami makna yang ada di dalamnya sebagai perjalanan awal dalam mencapai kesuksesan. Sebuah nama akan memengaruhi sisi psikologis dari konsumen.

Jadi, buatlah riset terlebih dahulu sebelum menentukan nama untuk bisnis Anda. Tak perlu nama yang panjang dan rumit, buat sesederhana mungkin, unik, mudah diingat, namun memiliki makna yang dalam.

Sebagai contoh, siapa sih yang tak kenal Nike? Atau merek-merek terkenal lainnya. Hindari penggunaan kata-kata yang sulit dieja. Jika sulit dieja, bagaimana mungkin akan mudah diingat orang?

2 dari 3 halaman

2. Gunakan Produk/Jasa yang Berkualitas

Kualitas produk/jasa akan menjadi langkah yang menentukan keberhasilan dari bisnis yang Anda mulai. Bila produk benar-benar berkualitas, tentu Anda selangkah lebih maju untuk lebih mudah menawarkan produk atau jasa Anda.

Kualitas merupakan hal yang utama dan prioritas dalam menjalankan sebuah usaha. Jika produk/jasa yang Anda tawarkan memang memiliki kualitas baik, maka konsumen pun bisa menilainya.

3. Daftarkan Hak Paten

Ada beberapa cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan serta meningkatkan keuntungan dari bisnis yang dimulai, salah satunya melalui hak paten. Ada potensi keuntungan yang cukup besar jika Anda mendaftarkan hak paten.

Beberapa perusahaan yang baru dimulai, memperkuat dan memperluas jaringan bisnisnya dengan hak paten. Dengan adanya hak paten, maka usaha Anda memiliki legalitas.

Bahkan dapat pula mempererat kerja sama antar usaha lainnya sehingga terjalinlah simbiosis mutualisme. Selain itu, Anda pun berhak menuntut dan membawanya ke pengadilan apabila ada orang lain yang menggunakan nama, logo, dan lainnya milik Anda.

3 dari 3 halaman

4. Investasi pada Iklan

Tidak ada salahnya menginvestasikan dana pada iklan. Dengan mengiklankan produk/jasa, maka tentu saja usaha Anda akan mudah dikenal. Anda bisa membandingkan produk Anda dengan produk lainnya yang sejenis agar lebih mengenalkan value proporsition pada konsumen.

Ada banyak iklan yang bisa digunakan untuk mempromosikan dan memperkenalkan usaha Anda. Salah satunya adalah dengan membuat e-book yang berkaitan dengan bisnis Anda dan nantinya dapat bermanfaat atau meningkatkan kesadaran bagi konsumen.

5. Ketahui Keinginan Pelanggan

Cobalah mencari tahu keinginan pelanggan, bisa melalui survei serta riset dan lainnya. Dengan survei, Anda juga bisa menemukan fakta-fakta menarik lainnya yang berasal dari kompetitor lainnya.

Dengan mengetahui karakter dari target pasar Anda, nantinya Anda bisa mengetahui keinginan pelanggan yang dapat meningkatkan profit bisnis. Tak menutup kemungkinan, meski usaha baru dimulai, Anda pun sudah bisa meraup untung.

Teruslah Belajar dan Mau Menerima Kritik dan Saran

Berkembang atau tidaknya sebuah perusahaan yang dirintis akan sangat berpengaruh pada keinginan kuat para pemiliknya. Sehingga jangan lelah untuk terus belajar, baik dari pengalaman yang ada, perjalanan dan proses pembelajaran, hingga pembelajaran yang Anda temui.

Jangan pernah malu untuk menerima kritik sebagai upaya untuk terus berkembang. Teruslah belajar dan mau menerima kritik dan saran untuk perkembangan dan kemajuan bisnis Anda.

Pengemudi Ojek Online Tuntut Perbaikan Tarif
Loading
Artikel Selanjutnya
Kena PHK? Lakukan Ini agar Keuangan Aman
Artikel Selanjutnya
Untung Mana, Pilih Daycare atau Babysitter buat Si Kecil?