Sukses

Ingin Renovasi Rumah Tapi Tetap Bisa Menabung? Simak Tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta - Merenovasi rumah memang perlu. Selain untuk membuat rumah Anda indah dengan menutupi dan memperbaiki spot yang usang. Ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan energi positif baru untuk menjalani hari-hari.

Namun tentunya renovasi rumah akan menguras kantong sangat dalam. Selain itu, hal ini akan membuat Anda sangat sulit untuk menabung bahkan menghemat uang.

Bukankah begitu? Namun sebenarnya hal tersebut tidaklah harus terjadi jika Anda tau bagaimana cara menghemat uang saat merenovasi rumah.

Mau tahu apa saja cara-caranya yang harus Anda lakukan? Berikut tipsnya:

1. Usahakanlah Lakukan Sendiri

Jika Anda hanya berniat merenovasi sedikit bagian rumah, maka usahakanlah untuk tidak menggunakan bantuan tukang dalam mengerjakannya. Tontonlah beberapa video dalam Youtube tentang tips dan trik untuk merenovasi rumah dengan cara mudah.

Selain membuat Anda bekerja, hal ini juga akan menghemat uang Anda lebih banyak.

2 dari 3 halaman

2. Jangan Ganti Semuanya

Jika Anda berpendapat bahwa merenovasi rumah saja mengganti seluruh perabotan yang ada, maka Anda harus mengganti cara pandang ini. Merenovasi rumah tidak meluluk harus mengganti semua prabotannya dengan benda baru.

Lihat benda sekeliling Anda, jika itu masih layak pakai maka pakailah.

3. Jual yang Telah Usang

Seperti yang sudah disebutkan, jika memang perabotan yang lama masih cukup bagus dan layak digunakan maka gunakanlah. Jika pun tidak, jangan terburu-buru untuk membuangnya.

Pikirkanlah untuk menjual ini kepada pengepul barang-barang bekas meskipun tidak dihargai semahal Anda beli, namun setidaknya benda itu masih memiliki nilai dan tentunya ini membuat Anda menghemat sekaligus menambah pundi-pundi di dompet.

4. Pikirkanlah Membeli Barang Bekas

Jika Anda memang sangat-sangat membutuhkan prabotan rumah tangga yang baru untuk mengisi ruangan yang telah didekorasi, maka mulailah memikirkan untuk membeli prabotan bekas atau preloved.

Bukan sembarang barang bekas, ini masih termasuk dalam barang yang masih layak pakai dan tidak usang namun saja pemilik sebelumnya tidak terlalu tertarik dengan produk ini untuk itu dijual.

Tentunya, harga yang ditawarkan dari prabot ini pasti jauh lebih murah dibanding harus membeli prabotan yang baru.

 

3 dari 3 halaman

5. Carilah Merek Alternatif

Jika Anda mengingkan prabotan baru namun dari brand ternama, maka mulailah untuk memikirkan ulang hal tersebut. Carilah brand lain yang memang tidak terlalu jauh berbeda kualitasnya namun masih terjangkau harganya.

Tentunya hal ini benar-benar akan menekan bujet merenovasi Anda dan menabung akan lebih mudah.

6. Berbelanjalah dengan Cerdas

Jadilah pembeli yang cerdas, bukan hanya cerdas memilih kualitas namun cerdaslah dalam memilih harga. Misal, ada suatu jenis perabotan yang sama namun dari merek yang berbeda. Keduanya memiliki keunggulan yang sama, namun hanya berbeda dari segi brand.

Benda A berasal dari brand terkenal namun benda B berasal dari brand biasa saja. Maka bijaklah, Anda membeli barang tersebut karena fungsi dan kualitasnya bukan membeli brandnya.

Jika Anda dapat membeli dengan bijak, maka pengeluaran Anda akan terkendali sehingga lebih irit dan mudah untuk menabung.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Muda
Artikel Selanjutnya
Biaya Bangun Rumah Mahal? Ini Cara Hemat Bangun Rumah Idaman