Sukses

BKN Pastikan Portal Resmi PPPK Tidak Down Sore Ini

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan proses pelaksanaan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan berlangsung aman jika dibandingkan dengan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, meski portal BKN kala itu sempat down dikarenakan membludaknya pendaftar CPNS, pada pelaksanaan PPPK, ia memastikan hal tersebut tidak akan terjadi kembali.

"Biar enggak down gimana? Jadi gini, ini (PPPK) tuh lebih less complex daripada kemarin (CPNS 2018). Baik itu dari segi quantity ataupun quality," ujarnya di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Ridwan menjelaskan, dari segi pendaftar sendiri, PPPK dipastikan akan lebih sedikit jika dibandingkan seleksi CPNS. Selain itu, partisipan PPPK akan diisi oleh pendaftar yang berumur diatas 35 tahun.

"Untuk infrastruktur (PPPK) akan sama dengan (CPNS). Tapi mudah-mudahan dengan load yang lebih rendah dengan infrastruktur yang sama ini akan tetap ringan. Jadi kita pastikan tahun ini akan lebih kuat karena partisipan lebih sedikit. Tahun lalu kan milenials juga yang banyak, tahun ini senior," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Rekrut PPPK, Kementerian PANRB Koordinasi dengan Pemda

Pemerintah bakal membuka perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di 2019. Sistem seleksi ini bertujuan memberi kesempatan kepada tenaga honorer atau profesional yang telah melampaui batas usia pelamar PNS untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir menyampaikan, Kementerian PANRB saat ini telah memulai proses persiapan penarikan tenaga PPPK, salah satunya dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah. 

"Prosesnya yang sudah dimulai, termasuk nanti koordinasi dengan (pemerintah) daerah. Tapi rekrutmen belum dibuka," jelas dia kepada Liputan6.com, Selasa (22/1/2019).

Pernyataan tersebut membenarkan ucapan Menteri PANRB Syafruddin, yang mengatakan Kementerian PANRB telah mulai menyambangi pemerintah daerah untuk mendiskusikan seputar skema anggaran pelaksanaan seleksi PPPK.

"Sudah dilaksanakan, sudah mulai. Besok kita akan rapat dengan kepala daerah di Batam untuk memutuskan skema anggarannya," ungkap dia pasca kunjungan rapat bersama Komisi II DPR RI.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemda Tak Mau Gaji, Lulusan PPPK Tahap I Belum Diangkat
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Batal Gelar Seleksi PPPK Tahap II?