Sukses

5 Cara Cerdas Menggali Potensi Diri dalam Karier

Liputan6.com, Jakarta - Orang bijak berkata, kalau sukses adalah saat peluang bertemu dengan persiapan. Jadi, tidak mungkin Anda akan sukses apabila hanya menunggu kesempatan itu datang, tanpa mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Sembari menunggu jalur kesuksesan terbuka, yuk tingkatkan potensi diri sebaik mungkin. Tidaklah susah, berikut ini adalah cara mudah untuk meningkatkan potensi diri, seperti yang dilansir di Swara Tunaiku.

1. Meminta evaluasi dari atasan

Untuk dapat menggabungkan potensi diri, tentu saja Anda harus mengetahui bagian apa yang harus dikembangkan. Sebagai contoh dari sisi pekerjaan, apa yang sudah dikerjakan dan dirasa sudah baik, belum tentu baik juga dari sudut pandang atasan Anda. Karenanya, Anda harus menanyakan langsung di bagian mana saja yang dirasa jadi kekurangan Anda.

2 dari 3 halaman

2. Mengambil kursus tambahan dan workshop

Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Selama masih bisa bernapas, yang namanya aktivitas belajar harus terus berlangsung dan tidak boleh berhenti.

Selama Anda masih bugar, mengapa tidak Anda manfaatkan waktu untuk mengambil kursus serta mengikuti pelatihan guna memperdalam skill atau kemampuan?

Mengikuti kursus dan pelatihan merupakan kegiatan yang sangat positif. Kemampuan diri akan meningkat dan sangat berguna untuk memperkaya kualitas diri. Karier Anda sangat bisa ditunjang lewat dukungan kemampuan yang tinggi.

3. Mencari tantangan

Jangan pernah merasa nyaman dan puas dengan kondisi sekarang. Tantanglah diri Anda untuk bergerak lebih jauh dan jauh lagi.

Apabila minggu ini Anda tidak terlalu efektif dalam bekerja, tantanglah untuk bisa lebih efektif lagi pada minggu-minggu berikutnya.

Hidup dengan target adalah cara yang efektif untuk menempa diri. Target membuat diri lebih tertantang dalam melakukan segala sesuatu.

Meskipun demikian, tetaplah untuk menentukan target sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai memasang target di luar kemampuan karena hanya akan menyiksa diri.

Apabila ingin meningkatkan target, lakukanlah secara bertahap seiring dengan meningkatkan kemampuan diri.

Kalau Anda dipercaya untuk mengampu suatu tanggung jawab tapi Anda rasa belum menguasainya, jangan mengeluh apalagi menyerah.

Pelajari tanggung jawab baru Anda secara optimal dan yakinlah kalau Anda bisa. Kuasailah hal tersebut dan Anda akan menaklukkan dunia! Percayalah, hasil tidak akan mengkhianati usaha dan proses yang Anda lakukan.

3 dari 3 halaman

4. Memperluas relasi

Mempunyai banyak relasi itu sangat menyenangkan dan pastinya akan menguntungkan. Anda dapat belajar beragam hal dari orang-orang yang ada di jalur relasi.

Tidak hanya peluang yang didapat, tetapi relasi juga dapat menjadi guru yang baik untuk hal baru. Setelah mendapatkan relasi yang sesuai untuk menunjang karier, pertahankanlah.

Saling bertukar informasi, pengalaman, dan pendapat, merupakan cara untuk menjaga relasi yang sudah terjalin. Hal ini adalah poin pentingnya agar relasi yang sudah terjalin tetap berjalan baik, sembari Anda memperluas relasi lain lagi.

5. Bergabung dengan komunitas

Sama dengan poin keempat, relasi yang menguntungkan dapat diperluas apabila Anda bergabung dalam suatu forum yang melakukan kegiatan positif.

Relasi akan meningkat ketika Anda bergabung dengan komunitas. Pilihlah komunitas dengan kegiatan yang dapat menunjang karier dan jangan pernah lelah untuk berkontribusi aktif demi menjalin relasi yang baik.

Di komunitas tersebut, Anda tidak hanya memperoleh kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda, tapi juga akan bisa belajar banyak hal baru melalui orang yang Anda temui.

Hal ini sangat bermanfaat dan menjadi peluang besar dalam menunjang karier ke depan. Setidaknya, mulailah bertukar informasi dan pengalaman.

Itulah beberapa langkah mudah dalam meningkatkan potensi diri. Intinya, jangan malas untuk keluar dari zona nyaman. Tempa terus diri Anda untuk melalui hal baru dan cari tahu kekurangan Anda serta selalu memperbaikinya agar menjadi semakin baik. Dengan demikian, Anda sudah siap menyambut ketika peluang sukses menghampiri.

Menyedihkan, Usaha Bertahan Hidup Penduduk Venezuela

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
5 Kisah Inspiratif Ibu Rumah Tangga yang Sukses Bangun Bisnis
Artikel Selanjutnya
Mau Masa Depan Anda Lebih Cerah? Buruan Lakukan 10 Hal Ini