Sukses

Top 3: Siapa yang Diuntungkan Kebijakan DP 0 Persen Kendaraan?

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan kebijakan baru mengenai uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan OJK RI Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.

Dengan adanya aturan ini, konsumen yang ingin membeli kendaraan bermotor tidak perlu menyiapkan uang muka.

Aturan baru ini menimbulkan perdebatan. Ada yang setuju, namun banyak juga yang menyatakan ketidaksetujuannya.

Artikel mengenai kebijakan uang muka 0 persen untuk kendaraan bermotor tersebut menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Minggu (20/1/2019):

1. DP 0 Persen Kredit Kendaraan, Siapa Diuntungkan?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan kebijakan baru mengenai uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan OJK RI Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Dengan adanya aturan ini, konsumen yang ingin membeli kendaraan bermotor tidak perlu menyiapkan uang muka.

Aturan baru ini menimbulkan perdebatan. Ada yang setuju, namun banyak juga yang menyatakan ketidaksetujuannya. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan terang-terangan menyatakan tidak setuju dengan adanya aturan baru ini.

Keduanya kompak menyebut jika aturan DP 0 persen pada kredit kendaraan bermotor merupakan sebuah kebijakan yang berisiko tinggi. JK mengatakan bahwa kebijakan tersebut memiliki risiko besar lantaran bisa mendorong tumbuhnya bisnis debt collector yang kadang melakukan penagihan yang tidak manusiawi.

Artikel selengkapnya baca di sini

2. Viral, Beredar Foto Bill Gates Lagi Antre saat Pesan Burger

Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, memberi contoh kesederhanaan dalam kehidupannya sehari-hari. Terkini, Gates tertangkap kamera sedang tenang mengantre ketika memesan burger.

Seorang pengguna Facebook bernama Mike Galos membagikan foto sang miliarder berdiri memakai jaket merah burgundy, jeans, dan sepatu kets hitam dengan bagian bawah berwarna putih.

Gates sedang menunggu antrean Dick's Drive-In di Seattle, negara bagian Washington, pada minggu malam, 13 Januari 2019, waktu setempat.

Artikel selengkapnya baca di sini

3. Jika Dibayar, Gaji Ibu Rumah Tangga Harusnya Rp 191 Juta per Bulan

Ibu rumah tangga memiliki segudang tugas di bawah pengawasan mereka. Bila dikalkulasikan, gaji yang patut ibu rumah tangga terima mencapai ratusan juta rupiah.

Dilansir dari New York Post, data tersebut dikumpulkan oleh salary.com, dan menelusuri tugas-tugas yang dilakukan seorang ibu. Hasilnya? Gaji per tahun untuk seorang ibu rumah tangga seharusnya USD 162.581 atau Rp 2,3 miliar (USD 1 = Rp 14.184) di tahun 2018.

Seorang ibu rumah tangga disebut melakukan pekerjaan hybrid. Artinya, mereka melakukan bermacam pekerjaan dalam satu profesi.

Artikel selengkapnya baca di sini

Masuk 20 Besar, Baim Wong Ungguli Atta Halilintar

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Top 3: Chat Nyeleneh Ayah dan Anak Bikin Tak Berhenti Tertawa
Artikel Selanjutnya
Top 3: Sandiaga Sebut Ketidakpastian Hukum Hambat Dunia Usaha, Benarkah?