Sukses

Bos BI Sebut Suku Bunga Acuan Hampir Capai Puncaknya

Bank Indonesia (BI) akan terus berupaya menjaga stabilitas moneter melalui berbagai kebijakan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, memberikan sinyal jika suku bunga acuan BI sudah hampir mencapai puncaknya.

Hal tersebut dia sampaikan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI.

Diketahui, saat ini suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI 7-Day Reverse Repo berada di posisi 6 persen. Tercatat selama 2018, suku bunga acuan BI sudah terkerek dari 4,25 persen ke 6 persen atau naik 175 basis poin.

"Tingkat suku bunga kami, BI 7 Day RR kami, pada saat ini sudah hampir mencapai puncaknya," kata Perry, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Dia mengatakan, BI akan terus berupaya menjaga stabilitas moneter melalui berbagai kebijakan.

"Untuk memperkuat stabilitas, mengendalikan inflasi, memang stance moneter yang pre-emptive dan ahead of the curve masih akan kami pertahankan," ujar dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BI Prediksi The Fed Naikkan Suku Bunga 3 Kali pada 2019

Sebelumnya, Bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (the Fed) menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) pada hari Rabu kemarin. Akan tetapi, The Fed menurunkan probabilitas atau proyeksi kenaikkan bunganya di 2019.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengungkapkan sebelumnya semua pihak memperkirakan The Fed atau bank sentral AS akan menaikkan suku bunganya sebanyak tiga kali di tahun depan. Namun prediksi tersebut berubah sejak pengumuman kenaikkan suku bunga The Fed kemarin.

"Sejumlah pelaku pasar mengestimasinya kalau tahun depan kalau FFR hanya naik satu kali, tapi kemarin probabilitasnya dua kali, itu kalau dari sisi pasar," kata Perry di kompleks Gedung BI, Jumat 21 Desember 2018.

Dia mengungkapkan, kondisi tersebut menjadi faktor positif bagi iklim investasi di negara berkembang termasuk Indonesia. "Sehingga meningkatkan confident internasional dan inflow(aliran modal masuk) akan lebih besar," ujarnya.

Sementara itu, dia menegaskan BI tetap pada perkiraan awal yaitu The Fed akan menaikkan suku bunganya sebanyak tiga kali.

"Kalau dari BI tetap memperkirakan kalau tahun depan tiga kali. Meskipun probabilitasnya mengarah dua kali, sebagaimana yang kita cermati dari pengumuman The Fed," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.