Sukses

Saham Indosat Melonjak 24,65 Persen, Ada Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Saham PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT) menguat tajam pada perdagangan Rabu (9/1/2019). Bahkan saham PT Indosat Tbk (ISAT) mampu catatkan sebagai top gainers.

Berdasarkan data RTI, saham ISAT melonjak 24,65 persen atau 445 poin ke posisi Rp 2.250. Saham ISAT sempat ke berada level tertinggi 2.250 dan terendah 1.835 per saham.

Total frekuensi perdagangan saham 12.659 kali dengan volume perdagangan 791.086. Nilai transaksi harian saham Rp 162,2 miliar.

Pada pekan 2-4 Januari 2019, saham ISAT naik tipis 2,37 persen ke posisi 1.725 per saham. Pekan lalu, ISAT sempat berada di level tertinggi 1.785 dan terendah 1.645.

Pada 2018, saham PT Indosat Tbk alami tekanan besar. Saham ISAT merosot 64,90 persen ke posisi 1.685 per saham. PT Indosat Tbk catatkan harga saham tertinggi di posisi 6.600 dan terendah 1.675. Volume perdagangan saham 359.949.838. Nilai transaksi Rp 1,3 triliun.

Analis PT Indosurya Sekuritas, William Suryawijaya menilai, secara teknikal, penguatan saham PT Indosat Tbk mulai terlihat sejak 3 Januari. Akan tetapi, volume baru terbentuk pada Rabu 9 Januari. Ia menilai ada risiko saham PT Indosat Tbk alami tekanan untuk proses konsolidasi.

Sementara itu, Analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji menilai, saham PT Indosat Ooredoo sudah jenuh jual. Hal tersebut juga meningkatkan permintaan terhadap saham Indosat. "Sebelum Indosat alami penguatan berturut-turut, indikator RSI sudah terlihat jenuh jual," kata Nafan saat dihubungi Liputan6.com.

 

2 dari 2 halaman

Trafik Data Indosat Meningkat 71,7 Persen

Sebelumnya, seperti momen perayaan lain, pergantian tahun baru juga membuat trafik layanan data meningkat signifikan.

Setidaknya, hal ini tecermin dari meningkatnya telekomunikasi di jaringan Indosat Ooredoo yang mencapai puncaknya pada malam pergantian tahun 2019.

Jaringan Indosat Oordeoo mencatat peningkatan trafik telekomunikasi yang cukup signifikan pada layanan data saat malam pergantian tahun.

Trafik layanan data meningkat menjadi 6.730 TeraBytes, atau naik 11,4 persen dibandingkan dengan trafik reguler hari biasa. Dibanding trafik malam puncak tahun baru sebelumnya, pertumbuhannya naik sebesar 71,7 persen.

Kenaikan trafik data ini mencapai puncaknya sekitar pukul 19:00 WIB pada 31 Desember 2018 hingga 02:00 WIB pada 1 Januari 2019.

Wilayah yang mengalami peningkatan trafik data ini khususnya di berbagai daerah yang menjadi tujuan utama wisatawan dalam merayakan tahun baru, seperti Alun-Alun Bandung, Tugu Yogya, Simpang Lima Semarang, Alun-alun Kidul Solo, dan Pantai Losari Makassar.

Media sosial masih menjadi kontributor terbesar untuk peningkatan trafik layanan data. Indosat pun menyatakan sudah melakukan berbagai persiapan untuk memenuhi trafik layanannya.

"Tren penggunaan sosial media dan digital tetap menempati urutan teratas dalam kegiatan berkomunikasi pelanggan, sehingga trafik telekomunikasi data mencatat peningkatan tertinggi selama momen pergantian tahun baru," ungkap Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk, seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu 2 Januari 2019.

Kami senang dapat tetap melayani pelanggan dengan baik di saat momen spesial pergantian tahun baru ini, dengan penyediaan kapasitas jaringan yang sudah kami siapkan jauh-jauh hari," ujarnya.

Trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 22,5 persen dibanding trafik reguler hari biasa.

Berbeda dengan tren komunikasi data dan SMS, trafik layanan suara justru menurun sebesar 16,2 persen dibanding hari biasa.

Turina menjelaskan, Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara, dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan tahun baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte per hari.

"Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat, seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya," ujar Turina.

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit per hari, atau 37,49 juta Erlang per hari, kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 miliar SMS per hari, dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte per hari.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Bikin Takjub, Air Terjun Niagara Membeku

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Investor Asing Beli Saham Rp 500 Miliar, IHSG Naik Terbatas
Artikel Selanjutnya
Seluruh Sektor Menghijau, IHSG Dibuka Menguat