Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

10 Negara Terbaik untuk Pensiun, Mana Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Ada negara-negara yang tercatat lebih optimal sebagai lokasi pensiun kerja. 10 negara ini dipilih melalui survei bermacam faktor, seperti biaya hidup hingga visa.

Dilansir dari World Economic Forum, faktor-faktor yang menjadi pertimbangan ialah iklim, gaya hidup lokal, biaya hidup, kesehatan, persyaratan visa dan residensi, dan seberapa mudahnya bagi pendatang baru untuk beradaptasi.

Daftar ini dirilis oleh International Living dalam Annual Global Retirement Index. Yang menjadi juara bagi mereka yang pensiun adalah Panama. Negara tropis tersebut naik dua peringkat dari posisi sebelumnya.

Panama terpilih karena cuacanya yang hangat serta penduduk dan ekspat yang tidak kalah hangat dalam menyambut pendatang. Keunggulan lainnya adalah beban pajak dan biaya hidup yang rendah.

Selengkapnya, berikut 10 negara paling nyaman untuk mereka yang ini pensiun.

2 dari 4 halaman

Mulai dari Negeri Matador

10. Spanyol

Tiap tahun, pantai di Spanyol menarik jutaan turis yang mencari sinar matahari, pasir tepi pantai, dan kehidupan yang santai.

Sisi positif lainnya adalah komunitas ekspat berbahasa Inggris yang besar, sistem kesehatan dan standar kehidupan yang baik, dan biaya hidup yang relatif murah daripada negara Eropa lain.

9. Thailand

Pertama kalinya, Thailand muncul di 10 besar. Sama seperti Spanyol, turis Thailand juga mencari pantai dan desa yang indah.

Bahasa Inggris juga umum di Thailand. Akses yang mudah, kuliner, dan budaya juga menjadi daya tarik Thailand untuk para pensiunan.

8. Peru

Peru juga naik dua peringkat dari tahun sebelumnya. Negara ini menggeser Nicaragua dari 10 besar.

Selain biaya hidup yang rendah, pemandangan di Negeri Inca ini sangatlah bervariasi: ada pegunungan, pantai, dan hutan. Kulinernya pun makin terkenal.

Salah satu kekurangannya adalah Bahasa Inggris yang masih kurang umum. Untungnya, makin banyak ekspat yang menyediakan bantuan terkait isu bahasa.

3 dari 4 halaman

Ternyata Ada Malaysia

7. Portugal

Sama seperti Spanyol, negeri sepak bola ini memiliki iklim hangat, masyarakat ramah, dan kehidupan yang santai. Tak perlu bingung dalam hal bahasa, sebab Bahasa Inggris digunakan luas di daerah metropolitan.

Hebatnya lagi, Portugal ada di peringkat empat di Global Peace Index 2018. Jadi, selain biaya hidup relatif murah ketimbang negara Eropa lain, tingkat stres pun pasti menurun.

6. Kolombia

Visa yang mudah menjadi Kolombia sebagai pilihan top para pensiunan. Wilayah pegunungan yang indah dan pantai tropis juga menjadi andalan.

Sistem kesehatan Kolombia berada di nomor 22 berdasarkan data WHO. Sayangnya, isu konflik melawan pemberontak masih menjadi isu panas di negara ini.

5. Malaysia

Ternyata banyak pensiunan yang mencari udara yang panas ketimbang dingin. Negeri jiran pun masuk 5 besar.

Apa saja yang membuatnya populer? Biaya hidup rendah, kuliner, dan tentunya Bahasa Inggris yang dipakai luas di negara ini.

4 dari 4 halaman

Dominasi Amerika Tengah dan Latin

4. Ekuador

Di Ekuador, komunitas ekspat dapat ditemui di pedesaan, kota kecil, hingga kota besar. Sungguh berbeda dari ekspat di negara-negara lain yang umumnya berada di pusat kota metropolitan.

Biaya hidup rendah kembali menjadi insentif bagi para pensiunan. Udara di wilayah Ekuador yang tak semuanya panas juga menjadi daya tarik, ditambah lagi sistem keamanan dan pajak yang tak berat.

3. Meksiko

Turun satu peringkat, negeri di selatan Amerika Serikat ini sangat populer di kalangan pensiunan. Meski kerap menjadi sasaran kekesalan Presiden Donald Trump, negara ini unggul karena wilayah yang variatif dan budaya lokal.

Menurut indeks ini, Meksiko menyediakan fasilitas kesehatan mumpuni dan biaya hidup yang rendah.

2. Costa Rica

Costa Rica sempat menjadi juara di tahun lalu. Negeri ini mendapatkan skor penuh di kategori gaya hidup sahat.

Negeri yang dikenal sebagai Swiss Kecil ini terkenal akan aktivitas outdoor-nya. Biaya hidup rendah dan warga lokal yang ramah menjadikan negeri ini ada di peringkat atas.

1. Panama

Juara satu di daftar ini. Udara hangat, sambutan warga lokal yang tak kalah hangat, ditambah beban pajak rendah, membuat Panama menjadi tempat pilihan para pensiunan.

Panama juga punya Pensionado Program bagi para pensiunan yang memenuhi ketentuan. Lewat program itu, para pensiunan bisa mendapat benefit berupa diskon serta kemudahan biaya kesehatan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jack Ma Habiskan 10 Tahun untuk Persiapkan Masa Pensiun
Artikel Selanjutnya
Dana Pensiun Sulit Terkumpul, Mungkin Ini Penyebabnya