Sukses

Sebelum Bencana, Siapkan 7 Barang Ini dalam Satu Tas

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan bencana. Mitigasi atau upaya mengurangi dampak buruk wajib digencarkan oleh pemerintah.

Belajar dari negara-negara lain seperti Amerika yang rawan bencana badai tropis atau Jepang yang rawan gempa, terdapat apa yang disebut tas emergency, yakni tas berisi barang untuk antisipasi bencana.

Selain wajib membawa identitas dan uang tunai ketika bencana, persiapkan juga barang-barang sederhana ini di tas emergency. Contohnya seperti makanan-makanan instan, peralatan pembersih pribadi, bahkan peluit.

Jika tinggal di daerah rawan gempa atau tsunami, tak ada salahnya mempersiapkan barang ini di dalam tas emergency agar bisa diambil bila bantuan belum tiba. Dilansir dari Inc, berikut daftarnya.

1. Air botol dan filter

Menurut pemerintah AS, seseorang butuh setidaknya 1 galon air untuk minum dan sanitasi. Namun, di tas emergency hal itu tidak memungkinkan.

Sebagai persiapan bencana, taruhlah sebotoh penuh air di tas emergency, serta barang-barang portable yang bisa memurnikan air, seperti water purifier atau lifestraw, keduanya bisa didapatkan lewat toko online.

2 dari 3 halaman

2. Peluit

Ingat adegan film Titanic ketika Rose memakai peluit untuk memanggil regu penyelamat? Peluit yang digunakan kala bencana bukanlah yang biasa digunakan untuk parkir, melainkan memiliki desain yang lebih kokoh dan bersuara keras.

Siapkan peluit ini di tas emergency, jadi kamu bisa dengan mudah memberi notifikasi kepada petugas bila kamu dan orang-orang tersayang terpisah dari rombongan. Harganya pun terjangkau, yakni di kisaran Rp 20 ribu.

3. Kotak PPPK

Jangan kira kotak PPPK mahal sehingga enggan membeli. Di toko online, harganya hanya berkisar Rp 50 ribu dan sudah berisikan barang seperti cairan antiseptik, gunting, dan ada yang berisikan pembalut, kapas, dan perlengkapan lainnya.

Kamu juga bisa menaruh obat-obatan yang sekiranya kamu butuhkan saat mengungsi.

4. Hand Sanitizer

Kebersihan justru sangat penting di saat bencana untuk mencegah penyebaran penyakit, baik ke diri sendiri atau orang lain. Siapkan pembersih tangan di tas emergency, dan itu bisa didapat di minimarket dengan harga kisaran Rp 15 ribu.

Selain hand sanitizer, siapkan pula perlengkapan seperti tisu toilet, mouthwash, handuk kecil, dan tentunya pembalut untuk perempuan.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Charger dan alat tenaga surya

Siapkan charger di tas emergency, dan bila perlu radio dan peralatan lain yang bisa mengisi daya lewat tenaga surya.

6. Pakaian

Bawa celana dalam bersih, jaket, ponco, topi, dan selimut. Celana dalam sekali pakai pun bisa menjadi solusi. Sebagai pelengkap, siapkan pula semprotan anti-nyamuk di dalam tas emergency kamu.

7. Makanan instan

Siapkan makanan dengan asumsi 4-5 hari. Bawa makanan kaleng, cokelat, makanan kering lainnya, dan tentunya mi instan. Bila kamu menyetok makanan itu dari jauh-jauh hari di tas emergency, pastikan kamu memerhatikan tanggal kedaluwarsa.

 

Iriana Jokowi Bersihkan Sampah Pantai Ambon

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Seikat Melati di Kuburan Massal Korban Tsunami Aceh
Artikel Selanjutnya
BNPB Pertanyakan Matinya Operasional Alat Deteksi Dini Tsunami