Sukses

Kekhawatiran Pertumbuhan Global Bikin Wall Street Anjlok

Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street merosot seiring rilis data ekonomi China dan Eropa memicu kekhawatiran perlambatan global.

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street merosot seiring rilis data ekonomi China dan Eropa memicu kekhawatiran perlambatan global.

Selain itu, saham Johnson and Johnson menghambat kenaikan indeks saham S&P 500 dan Dow Jones usai Reuters melaporkan kalau perusahaan telah mengetahui selama beberapa dekade adanya asbestos tersembunyi di bedak bayi.

Pada penutupan perdagangan saham Jumat (Sabtu pagi WIB), di wall street dengan tiga indeks saham utamanya yaitu indeks saham Dow Jones merosot 496,87 poin atau 2,02 persen ke posisi 24.100,51. Indeks saham S&P 500 tergelincir 50,59 poin atau 1,91 persen ke posisi 2.599,95. Indeks saham Nasdaq terpangkas 159,67 poin atau 2,26 persen ke posisi 6.910,67.

Selama pekan ini, indeks saham S&P 500 susut 1,25 persen. Indeks saham Dow Jones melemah 1,2 persen dan indeks saham Nasdaq tergelincir 0,84 persen.

Indeks saham S&P 600 yang mencatatkan saham kapitalisasi kecil melemah 1,6 persen menyambut akhir pekan. Laporan Johnson and Johnson yang telah diperdebatkan perusahaan mendorong sahamnya jatuh 10 persen dalam volume besar. Saham Johnson and Johnson menjadi beban terbesar pada indeks saham S&P 500 dan Dow Jones.

Investor fokus pada kekhawatiran pertumbuhan ekonomi global dan khawatir tentang pertumbuhan Amerika Serikat (AS) setelah China melaporkan pertumbuhan penjualan ritel bulanan yang lemah dan output industri karena data ekonomi mengecewakan dari zona Euro.

"Kelemahan yang ditunjukkan dalam ekonomi China yang telah dilaporkan akibat dari perang dagang yang sedang berlangsung tentu saja merupakan kekhawatiran yang meluas terhadap pertumbuhan global," ujar Ryan Larson, Head of Trading RBC Global Asset Management, seperti dikutip dari laman Reuters, Sabtu (15/12/2018).

Larson juga menunjukkan kekhawatiran tentang jajak pendapat ekonom Reuters yang menemukan risiko resesi AS dalam dua tahun ke depan naik menjadi 40 persen. Kemudian menemukan perubahan signifikan dalam harapan terhadap kenaikan suku bunga bank sentral AS atau the Federal Reserve pada 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sektor Saham yang Melemah

Saham Johnson and Johnson mendorong indeks sektor saham kesehatan S&P 500 susut 3,4 persen dan mencatatkan penurunan terbesar di antara 11 sektor saham utama. Indeks sektor saham energi melemah 2,4 pesen.

Data penjualan ritel berdampak sedikit terhadap pasar. Ini ditunjukkan dengan sektor saham ritel S&P melemah 2,4 persen.

“Data fundamental yang kuat dibayangi oleh potensi perlambatan. Tetapi aksi jual ini juga menjadi kesempatan membeli,” tutur Phil Biancato, Chief Executive Ladenburg Thalmann Asset Management.

Investor pun tampaknya mengabaikan pengumuman China akan menangguhkan tarif tambahan pada kendaraan dan kompotenan buatan AS selama tiga bulan mulai 1 Januari.

Adapun saham melemah antara lain saham Amazon.com susut empat persen, saham Apple Inc tergelincir 3,2 persen, dan saham Costco Wholasale Corp merosot 8,5 persen. Saham Costco Wholesale turun imbas laporan penurunan marjin laba kuartalan dan mencatatkan pelemahan terbesar.

Volume perdagangan saham di wall street tercatat 7,89 miliar saham. Angka ini di bawah rata-rata perdagangan saham 7,97 miliar saham selama 20 sesi terakhir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.