Sukses

Catat! 5 Manfaat dan Keuntungan Pakai Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak yang belum memahami keuntungan dari penggunaan kartu kredit. Kebanyakan orang masih beranggapan bahwa kartu kredit merupakan salah satu bentuk sarana untuk memenuhi gaya hidup yang konsumtif dan berlebihan.

Terdapat beberapa alasan kenapa penggunaan kartu kredit itu penting. Kartu kredit akan memberikan banyak manfaat jika pengguna paham cara menggunakannya dan tahu untuk hal-hal apa saja seharusnya kartu kredit digunakan.

Berikut beberapa manfaat dan keuntungan menggunakan kartu kredit, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Meningkatkan BI Checking

BI Checking merupakan laporan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang berisi riwayat kredit atau pinjaman seorang nasabah kepada bank, atau lembaga keuangan non bank. Melalui BI Checking ini, segala bentuk cicilan dan pinjaman Anda akan ditentukan oleh seberapa baik laporan riwayat kredit.

Jika kamu memiliki riwayat kredit atau pinjaman yang baik, maka Anda akan lebih mudah untuk mengajukan pinjaman kepada pihak bank atau lembaga keuangan lainnya. Jadi, jika suatu saat nanti Anda membutuhkan pinjaman uang di bank, rekam jejak sebagai pengguna kartu kredit aktif ini akan sangat berguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Transaksi Lebih Praktis

Berbeda dengan penggunaan uang tunai, dengan menggunakan kartu kredit tentu Anda akan lebih dimudahkan saat melakukan transaksi pembayaran.

Kartu kredit akan menjadi solusi paling praktis untuk segala jenis transaksi. Mulai dari berbelanja di mal, makanan, kebutuhan rumah tangga, dan lain sebagainya.

3. Pengeluaran Tercatat dengan Jelas

Dengan menggunakan kartu kredit untuk berbelanja atau melakukan transaksi lainnya, Anda bisa dengan mudah melacak pengeluaran karena seluruh pengeluaran Anda sudah tercatat di dalam sebuah laporan sehingga Anda bisa dengan mudah memeriksanya.

Jadi, Anda tidak perlu lagi membuat laporan pengeluaran terpisah karena otomatis tersimpan di dalam database kartu kredit Anda.

3 dari 3 halaman

4. Membayar Tagihan Secara Rutin

Anda pasti pernah lupa membayar tagihan bukan? Mulai dari tagihan listrik, air, telepon dan lain sebagainya. Keuntungan lain jika Anda menggunakan kartu kredit adalah, kartu kredit bisa membantu Anda untuk membayar seluruh tagihan secara rutin.

Anda hanya perlu mendaftarkan dan memasukkan informasi tagihan bulanan Anda lalu secara otomatis semuanya akan dibayarkan oleh kartu kredit.

5. Memudahkan Transaksi Online

Aktivitas berbelanja di dunia maya ini juga menjadi salah satu alasan kenapa Anda wajib memiliki kartu kredit, terutama apabila Anda sering membeli produk di situs atau toko online yang berbasis di luar negeri karena biasanya situs asing tidak menerima pembayaran melalui transfer atau dengan menggunakan kartu debit.

Selain berbelanja di situs asing, saat ini hampir semua situs belanja online menempatkan pembayaran melalui kartu kredit sebagai prioritas, di antaranya dengan menawarkan bunga rendah atau cicilan nol persen jika kamu membayar dengan kartu kredit tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini