Sukses

Tips Aman Cari Kerja lewat Online

Para pencari kerja juga diimbau tak umbar data pribadi di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Country Manager, situs penyedia lowongan kerja JobStreet.com, Faridah Lim membagikan beberapa tips aman mencari kerja melalui platform daring.

Menurut dia, hal pertama yang harus dilakukan pencari kerja adalah memastikan platform iklan lowongan kerja yang digunakan merupakan platform yang benar-benar terpercaya.

Hal ini, menurut Faridah, untuk menjamin kepastian keamanan data pelamar, serta keaslian perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja.

"Karena jika terjadi sesuatu, misalnya merasa ditipu kami bisa lapor ke perusahaan tersebut," kata dia, di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Dia pun mengimbau para pencari kerja agar tak gampang membagikan data pribadi semacam CV (Curiculum Vitae) di media sosial.

"Jangan asal tebar CV. Jangan suka menebar (data pribadi) di mana-mana. Ada yang diupload di FB itu data pribadi," ujarnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Unggah Data di Situs Lowongan Kerja

Dia mengakui, keinginan untuk cepat mendapat pekerjaan bisa membuat seseorang menjadi kurang waspada. Namun, dia mengharapkan data pribadi dapat dijaga agar tidak digunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Hanya diupload di situs yang menyediakan lowongan kerja. Jangan diupload di publik. Data kita akan digunakan untuk menipu," ungkap Faridah.

Faridah menambahkan, pihaknya pun selalu berupaya memastikan legalitas setiap perusahaan yang memasang iklan di platform-nya. Pihaknya tidak pernah memungut biaya dari pelamar kerja yang menggunakan jasanya.

"Kami tidak pasang iklan lowongan dari perusahaan yang tidak jelas. Harus bisa menunjukkan legalitas. Kita akan minta kelengkapan dokumen, surat izin usaha, NPWP. Kita punya tim untuk mengecek perusahaan yang mau memasang lowongan. Misalnya industrinya bergerak di bidang apa," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.