Sukses

7 Keputusan Finansial yang Harus Diambil Setiap Perempuan

Liputan6.com, Jakarta Perihal keuangan pribadi ternyata masih menjadi bahasan sensitif untuk dibicarakan. Bahkan di antara suami-istri yang sudah terikat dalam rumah tangga sekalipun.

Sebagai perempuan, sudah seharusnya kita lebih banyak belajar untuk mengelola keuangan. Pasalnya, seorang istri itu diibaratkan sebagai “menteri keuangan” sebuah rumah tangga.

Agar keuangan rumah tangga Anda tidak mudah goyah, berikut beberapa keputusan yang harus Anda latih untuk ambil menurut Swara Tunaiku.

1. Paksakan Diri untuk Menabung

Menabung itu membutuhkan kedisiplinan serta komitmen. Daripada menunggu siap, kenapa tidak dilakukan mulai dari sekarang?

Ketika Anda menyisihkan uang Rp 1 juta per bulan, maka dalam setahun sudah bisa mengumpulkan Rp 12 juta. Apalagi kalau Anda memasukkan uang tersebut ke rekening deposito.

2. Biasakan Menabung agar Candu

Awalnya mungkin Anda akan merasa kurang nyaman. Keinginan untuk membelanjakan uang tetap menggebu-gebu. Namun, percayalah. Seiring berjalannya waktu, kegiatan menabung akan menjadi candu bagi Anda.

Sama halnya dengan merokok. Bedanya, kalau merokok itu mengikis keuangan, sedangkan menabung akan menghemat pengeluaran.

2 dari 4 halaman

3. Tuliskan Cita-cita Anda

Apa yang menjadi cita-cita Anda saat ini? Liburan akhir tahun? Tas branded? Mobil baru? Tulis saja semuanya pada selembar kertas.

Ketika menulis cita-cita, otak bawah sadar Anda akan terus memikirkan serta merespons hal-hal yang berkaitan dengan cita-cita tersebut. Dengan menuliskan cita-cita, pikiran dan keputusan jadi lebih terarah ke sana.

4. Catat Tiap Pengeluaran

Sekarang kan sudah ada aplikasi khusus yang digunakan untuk mencatat pengeluaran di smartphone. Catatan yang ada akan sangat membantu Anda ketika melacak lalu-lintas keuangan selama ini.

Misalnya ketika dipakai untuk makan, parkir mobil, dan lainnya. Cara ini terbukti bisa menghemat pengeluaran dan akan membentuk disiplin diri dalam jangka panjang.

3 dari 4 halaman

5. Belajar Berinvestasi

Wanita masa kini harus cerdas dalam mengelola uang yang ia pegang. Bukan hanya pandai dalam mencari uang saja.

Untuk itu, sudah waktunya bagi Anda untuk belajar investasi agar uang yang dimiliki bisa berkembang lebih banyak. Tempat belajar investasi terbuka secara luas. Baik lewat seminar, internet, atau bisa pula dengan belajar langsung dari ahlinya.

6. Pilih Instrumen Investasi yang Tepat

Saat ini, sudah banyak contoh instrumen investasi yang diterapkan oleh wanita karier dalam negeri. Contohnya investasi saham, rumah, mata uang, tanah, obligasi, dan lain-lain.

Untuk permulaan, pilih dulu investasi obligasi atau saham. Nanti setelah berkembang dan bisa beradaptasi, silakan gunakan kesempatan untuk berinvestasi dengan instrumen lain.

Sebaiknya, pilih jenis investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk tetap waspada serta hati-hati saat memilih tawaran investasi dari pihak tertentu. Soalnya cuma investasi bodong saja yang menawarkan return tinggi dengan cara mudah.

Nah, setelah uang berhasil dikumpulkan banyak-banyak, nantinya bisa dipakai untuk banyak kebutuhan.

4 dari 4 halaman

7. Jangan Takut Minta Bantuan

Ketika masalah finansial semakin berat, tidak ada salahnya untuk minta bantuan kepada orang yang Anda percaya. Daripada curhat yang tidak jelas dan cenderung menjerumuskan ke masalah baru, lebih baik hubungi penasihat finansial untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Meskipun membayar, tapi hasilnya jauh lebih baik.

Pilih perusahaan financial adviser yang punya kredibilitas bagus dan sudah terpercaya bagi banyak orang. Biasanya, financial adviser yang bagus akan membukakan pilihan alternatif terkait penyelesaian masalah keuangan Anda. Kalau Anda sudah berkeluarga, tidak ada salahnya untuk bermusyawarah dulu dengan pasangan.

Itulah 7 keputusan finansial yang bisa Anda ambil untuk mengantisipasi sekaligus mencegah masalah terjadi. Ketika masalah keuangan dirasa berat dan justru dibiarkan, justru akan membengkak dan menimbulkan masalah baru. Perempuan cerdas pasti akan memilih jalan terbaik di antara pilihan yang ada.

Video Populer Bisnis

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
7 Trik Untung Trading Emas
Artikel Selanjutnya
Luar Biasa, Ini 5 Perempuan Inspiratif dengan IQ Tertinggi di Dunia