Sukses

Kamu Lolos CPNS 2018? Buruan Cek Hasil Tes SKD di Sscn.bkn.go.id

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, para peserta CPNS 2018 hanya mengetahui bahwa hasil kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hanya dapat diketahui setelah mengecek secara manual di website instansi yang dilamar.

Namun, kini ternyata ada cara mudah untuk mengecek hasil kelulusan CPNS 2018. Bagaimana caranya?

Hal ini dibocorkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Melalui Twitter resminya, @BKNgoid, BKN membagikan cara mudah untuk mengecek peserta CPNS 2018 yang lolos SKD dan berhak ikut SKB.

Menurut BKN, para peserta dapat mengecek lolos atau tidak SKD dan berhak melanjutkan tahap berikutnya, yakni SKB CPNS 2018 setelah login ke Sscn.bkn.go.id.

Nantinya setelah login, di bagian bawah laman Sscn.bkn.go.id tersebut akan ada hasil SKD pelamar CPNS 2018.

"#SobatBKN, ada cara mudah u/ tahu dirimu lolos atau tidak. Login ke http://sscn.bkn.go.id & olala, ada hasil SKD di bagian bawah. Ingat, ini berlaku u/ instansi yg sdh klik DS OK," kicau BKN.

Namun dalam informasi tersebut, BKN menegaskan, cara mudah ini hanya dapat berlaku untuk instansi yang sudah menerapkan Digital Signature (DS).

Lebih lanjut, BKN menegaskan, DS adalah tandatangan elektronik hasil kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). DS sendiri diterapkan agar tidak ada dokumen yang dipalsukan. Oleh karena itu, BKN mengimbau agar masyarakat tidak mencoba memalsukan dokumen dari BKN karena pasti akan ketahuan.

"Digital Signature (DS) adalah ttd elektronik hasil kerja sama dg @BSSN_RI. Jgn coba2 palsukan dokumen dr BKN, pasti ketahuan.

#SobatBKN bs cek hasil SKD #CPNS2018 di web SSCN, jika instansi telah klik OK DS," cuit BKN.

Lantas mengapa hal ini baru diberitahu oleh BKN? BKN menjelaskan alasannya baru memberi tahu cara ini karena harus menunggu Level 1 selesai terlebih dahulu.

"Mengapa br skrg? Iya, mimin tunggu beres Level 1 dulu.

#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri," kicau BKN.

2 dari 3 halaman

BKN Bocorkan Jumlah Soal dan Alokasi Waktu Tes SKB CPNS 2018

Meski belum semua instansi mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018), namun Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membocorkan jumlah soal dan alokasi waktu di Tes SKB CPNS 2018.

Dikutip dari Twitter resmi BKN, @BKNgoid, Selasa (4/12/2018), BKN memaparkan bahwa jumlah soal SKB terdiri dari 100 soal dengan alokasi waktu 90 menit.

"100 soal, 90 menit. Tak ada perpanjangan waktu meski skor imbang," ciut BKN saat membalas pertanyaan salah satu pengguna Twitter yang menanyakan jumlah soal dan alokasi waktu di Tes SKB.

Sebelumnya, BKN pernah memaparkan bahwa metode SKB akan berbeda dengan SKD. Dalam SKD memiliki nilai ambang batas (passing grade) untuk menentukan kelulusan, namun untuk SKB tidak punya passing grade.

BKN mengatakan, nantinya kompetensi atas bidang para peserta SKB CPNS 2018 akan selalu dihargai oleh para panitia. Skala nilai SKB sendiri ialah 1-100.

"Beda dg SKD, SKB tidak punya passing grade. Kompetensi atas bidangmu akan selalu dihargai, berapa pun itu. Skala nilai SKB 1-100.

Apa materi SKB? Lihat twit mimin sebelumnya. Selamat (thanks in Tagalog)

#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri," kicau BKN.

BKN memaparkan untuk ujian SKB pada Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten, dan Kota) hanya dengan CAT BKN. Sementara untuk Kementerian/Lembaga, bisa CAT BKN saja, namun dapat pula tes kesamtaan, wawancara, dan lain-lain.

"Untuk K/L, bisa CAT BKN saja, dapat pula tes kesamtaan, wawancara, dll. Ada pula SKB yg menggugurkan, mis. tes renang u/ @SAR_NASIONAL

Cek pengumuman instansi awal.

#2019JadiASN #BKNSemangatUntukNegeri," ciut BKN.

3 dari 3 halaman

Tips Lolos SKB untuk formasi Dosen

BKN juga memberi beberapa tips untuk formasi Dosen yang akan mengikuti ujian SKB agar dapat lolos. Berikut beberapa tips dari BKN:

1. Tergantung kompetensi Fakultas/Jurusan yang dipilih.

2. Pedagogi, Andragogi, bagaimana menghadapi mahasiswa-mahasiswi.

3. Pelajari Permenpan RB tentang JF Dosen dan Angka Kredit.

"Setunggal, tergantung kompetensi Fak/Jur yg dipilih.

Kalih, pedagogi, andragogi, bagaimana menghadapi mahasis(wi)

Tigo, pelajari Permenpan RB ttg JF Dosen & Angka Kredit

#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri," kicau BKN.

Di akhir, BKN menyampaikan beberapa trik untuk hadapi SKB CPNS 2018. Bila dalam menghadapi ujian SKD terutama Tes Karakteristik Pribadi (TKP) ialah harus memiliki mindset "sudah jadi PNS", berbeda dengan SKB yang mana harus memiliki mindset baru saja lulus ujian skripsi/thesis.

"Mindset saat SKB: bayangkan saat #SobatBKN baru saja lulus ujian skripsi/thesis.

Capek, tapi berhasil mengalahkan lawan terberat, yaitu dirimu sendiri.

Lama2 mimin buka nimbel tes CPNS nih. 🤣

#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri," cuit BKN.

Artikel Selanjutnya
Cek Daftar Hasil Tes SKD CPNS 2018 di 7 Kementerian
Artikel Selanjutnya
Cek Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS 2018 di BNN