Sukses

Garuda Indonesia Ambil Alih Operasional, Pemegang Saham Sriwijaya Air Tak Berubah

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) melalui anak usahanya Citilink Indonesia mengambilalih pengelolaan keuangan dan operasional Sriwijaya Air dan NAM Air.

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) melalui anak usahanya Citilink Indonesia mengambilalih pengelolaan keuangan dan operasional Sriwijaya Air dan NAM Air. Meski demikian, pengambilalihan tersebut tidak mengubah kepemilikan pemegang saham Sriwijaya Air.

Direktur Utama PT Sriwijaya Air, Chandra Lie menuturkan, kerja sama operasional (KSO) biasa dilakukan. Dengan ada kerja sama tersebut juga tidak mengubah kepemilikan saham.

"Kepemilikan saham Sriwijaya Air Group tidak berubah masih dimiliki pemegang saham saat ini 100 persen,” ujar Chandra saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, seperti ditulis Senin (19/11/2018).

Ia menuturkan, kerja sama tersebut baik untuk mengangkat image merek grup Sriwijaya Air. Diharapkan dapat membuat maskapai menjadi maju, modern dan berkelanjutan bersama grup Garuda Indonesia.

Sebelumnya, Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk Agus Santoso mengatakan, KSO juga diharapkan dapat meningkatkan aspek dari sisi pemeliharaan maskapai (maintenance).

Lewat penandatanganan KSO itu, keseluruhan operasional Sriwijaya Air Group, termasuk keuangan akan berada di bawah pengelolaan dari KSO ini.

"Keuangan mereka kurang sehat. Tapi walaupun Sriwijaya LCC, track record keselamatannya bagus. Airline yang bagus perlu diselamatkan, caranya ya KSO ini, supaya maintanance," tutur dia di Jakarta, Kamis 15 November 2018.

"Jadi selain Garuda melakukan amanah dengan melayani, namun juga memberikan rangsangan kepada industri-industri lain untuk melakukan hal yang sama," tambah dia.

Sementara itu, VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Tbk, Ikhsan Rosan menuturkan, kerja sama joint operation itu bertujuan untuk mengembangkan potensi masing-masing maskapai.

"Kaitan sama KSO ini poin bagusnya adalah untuk mengembangkan potensi masing-masing," ujar dia.

Ikhsan menegaskan, KSO tidak hanya melihat aspek utang semata dari pihak Sriwijaya Air. "Kita enggak hanya melihat itu (utang) industri penerbangan. Memang harus kita kerja sama karena potensi ke depan semakin besar," terang dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Garuda Indonesia Ambil Alih Pengelolaan Operasional Sriwijaya Air

Grup Garuda Indonesia, melalui anak perusahaannya PT Citilink Indonesia, mengambil langkah strategis dengan mengambil-alih pengelolaan operasional Sriwijaya Air dan NAM Air. 

Langkah strategis ini direalisasikan dalam bentuk kerja sama operasi (KSO) yang dilakukan oleh PT Citilink Indonesia (Citilink) dengan PT Sriwijaya Air dan PT NAM Air. KSO tersebut telah ditandatangani pada 9 November 2018. Nantinya keseluruhan operasional Sriwijaya Group termasuk finansial akan berada di bawah pengelolaan dari KSO tersebut.

"Kerja sama operasi ini ditujukan untuk membantu Sriwijaya Air group memperbaiki kinerja operasi dan kinerja keuangan termasuk membantu Sriwijaya Air dalam memenuhi komitmen – komitmen atau kewajiban mereka terhadap pihak ketiga yang diantaranya ada pada lingkungan Garuda Indonesia Group," kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Ari Askhara di Jakarta 14 November 2018.

Ari menambahkan bagi grup Garuda Indonesia, kerja sama joint operation ini, dapat memberikan dampak yang positif di antaranya Citilink Indonesia dapat mensinergikan dan memperluas segmen pasar, jaringan, kapasitas dan kapabilitasnya, serta mempercepat restrukturisasi penyelesaian kewajiban grup Sriwijaya pada salah satu anak Perusahaan Garuda Indonesia.

Ari menambahkan, langkah ini merupakan langkah strategis sehingga secara langsung membantu sinergi grup Garuda Indonesia dan Sriwijaya dalam mengelola pangsa pasar penumpang angkutan udara hingga 51 persen.

"Kami berharap dengan KSO yang akan dikelola oleh Citilink ini dapat membantu pemulihan Sriwijaya Air Group ditengah persaingan industri penerbangan yang semakin kompetitif. Kami yakin Garuda Indonesia Group mempunyai kapabilitas yang sangat baik dalam mengelola bisnis Airline," tambah Direktur Utama PT Sriwijaya Air, Chandra Lie.

KSO yang dikelola sepenuhnya oleh Citilink ini akan segera melaksanakan tugasnya setelah proses internal di masing masing perusahaan diselesaikan. Kerja sama ini juga dapat ditingkatkan lagi ke level kepemilikan saham grup Sriwijaya yang akan diatur kemudian.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.