Sukses

Ini Tanda Kartu Kreditmu Sudah Aman dan Terjamin

Berikut ciri kartu kredit yang aman dan terjamin. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin masih banyak dari pengguna kartu kredit yang masih mempertanyakan keamanan kartu kredit mereka. Siapapun pasti pernah bertanya-tanya, apakah aman melakukan transaksi online menggunakan kartu kredit?

Apakah data pengguna kartu kredit sebagai pengguna terjaga? Apakah ada jaminan akan terhindar dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab? Ditambah lagi banyak pemberitaan tentang penipuan kartu kredit.

Berikut ciri kartu kredit yang aman dan terjamin, seperti dikutip dari TunaiKita:

Kartu Kredit Sudah Dilengkapi Chip

Walau kartu kredit sudah dilengkapi dengan beberapa lapisan keamanan dan proses verifikasi dengan tanda tangan, kartu kredit masih memiliki kelemahan yang tidak jarang digunakan oleh pihak-pihak yang curang.

Kecurangan yang sering terjadi adalah mengambil kartu kredit saat dikirim melalui surat, memalsukan tanda tangan dan kloning. Kloning kemungkinan adalah metode yang dipakai oleh para pencuri beberapa tahun lalu karena mereka tertangkap dengan encoder. Pada tahun 2010 lalu, kartu kredit sudah dilengkapi chip untuk menangkal kelemahan magnetik.

Data dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa angka kasus untuk penipuan kartu kredit menurun drastis berkat pengamanan menggunakan chip ini. Suksesnya teknologi ini di kartu kredit diteruskan di kartu debit dan kartu ATM. Pengimplementasian semua ini diperkirakan rampung sejak 2015 lalu.

Kartu kredit memiliki chip dengan kode unik menggantikan pita magnetik di belakang kartu yang selama ini mudah dipalsukan. Jadi solusinya untuk masalah ini adalah dengan penggunaan PIN dalam kartu kredit tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maksimalkan Keamanan Kartu Kredit

Meski kartu kredit sudah dilengkapi dengan teknologi chip di dalamnya, bukan berarti tidak perlu waspada, lo. Ada baiknya tetap menjaga keamanan kartu kreditmu dengan mengikuti hal-hal di bawah ini:

1. Simpan kartu kreditmu di tempat yang aman

2. Jangan pernah mencatat pin kartu kredit. Cukup diingat dan dihafal saja

3. Tanda tangani kartu kreditmu

4. Hindari menggunakan tanggal ulang tahun sebagai pin

5. Segera hubungi bank penerbit jika kamu kehilangan kartu kredit

6. Daftar layanan SMS ke bank penerbit kartu kredit

7. Cari logo Verified by Visa atau MasterCard Secure saat berbelanja secara online

Akan selalu ada kemungkinan bahwa pengguna kartu kredit akan menjadi korban penipuan. Namun, hal tersebut bisa dihindari dengan menerapkan hal-hal di atas.

Semoga membantu!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini