Sukses

Perusahaan Ini Punya Peternakan di Dalam Kantor, Untuk Apa?

Membawa hewan peliharaan ke tempat kerja mungkin sudah biasa. Perusahaan Jepang ini malah mendirikan peternakan indoor di kantornya.

Liputan6.com, Jakarta - Membawa hewan peliharaan ke kantor kabarnya dapat mengurangi stres dan tekanan di tempat kerja, juga meningkatkan produktivitas. Tren memperbolehkan karyawan membawa hewan peliharaan ini sudah menjadi tren di sejumlah perusahaan di beberapa negara, salah satunya Jepang.

Namun sebuah perusahaan di Tokyo bernama Pasona mengembangkan konsep ini dengan membangun peternakan pada lantai 13 gedung kantornya. Ini merupakan upaya bagian SDM perusahaan untuk menghidupkan lingkungan kerja sekaligus merevitalisasi industri pertanian Jepang.

Mengutip CNBC, peternakan indoor ini terbuka setiap hari kerja bagi sekitar 100 pengunjung dan menawarkan sesi pelatihan dan seminar pendidikan yang dirancang untuk mendorong lebih banyak pelamar kerja untuk mempertimbangkan karier di bidang pertanian.

Ini menjadi agenda penting dari perusahaan kepegawaian terbesar kedua di Jepang: tenaga kerja pertanian di negeri sakura itu telah menyusut hingga 40 persen dalam dua dekade terakhir. 

Namun ini juga memberikan manfaatkan bagi 4.000 pekerja kantornya, ungkap presiden Pasona Sott Sato.

“Saat para pegawai tidak sibuk dengan pekerjaan mereka, mereka bisa beristirahat, melihat hewan-hewan ini makan,” ujar Sato, menambahkan bahwa memiliki hewan di kantor memberikan pengalaman baru yang “menenangkan” di kota yang sangat urban.

“Di Tokyo, memiliki hewan adalah hal yang tidak biasa. Hanya ada dua lisensi yang tersedia di Tokyo, satu untuk kaisar di istana dan satunya untuk kami,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lengkap dengan fasilitas lainnya

Namun, Anda tidak harus menjadi pecinta hewan untuk bekerja di Pasona. Peternakan Otemachi-Bokujyo, yang dibuka tahun lalu, hanya salah satu fasilitas unik yang tersedia di kantor Pasona.

Bangunan dengan luas sekitar 50 ribu meter persegi ini mempunyai salon dan gym lengkap dengan pelatih pribadi untuk karyawan yang ingin berelaksasi di tengah jam kerja mereka.

Sementara itu, mereka yang lebih mencari tantangan bisa mengikuti kelas Bahasa Inggris dengan native speaker di ruang bahasa, atau mengetes pekerjaan sampingan mereka di inkubasi start-up milik perusahaan. Di sisi lain gedung tersebut terdapat sebuah tempat bermain anak, dimana staf bisa membawa dan menitipkan anak mereka di sana.

“Menurut kami sangat penting bagi perempuan untuk memiliki waktu yang seimbang antara pekerjaan dan rumah, sehingga ini memungkinkan mereka membawa anak mereka ke kantor dan meluangkan waktu untuk anak kapanpun mereka mau,” jelas Sato. 

Fasilitas beragam yang disediakan Pasona merupakan salah satu upaya mencapai misinya untuk menciptakan keseimbangan sosial antara pekerjaan dan kehidupan. 

“Sebagai perusahaan SDM, kantor-kantor kami selalu memaparkan ide untuk menciptakan lingkungan kerja yang ideal,” ujar juru bicara Pasona Aiko Umehara. “Itulah mengapa kami memiliki hewan, karya seni, pertunjukkan musik langsung saat makan siang, tempat penitipan anak, gym, salon, dan sebagainya.”

Bagaimana jika fasilitas-fasilitas ini malah mengganggu kinerja karyawan? Tak perlu khawatir, perusahaan ini juga menyediakan makan malam gratis bagi para karyawan yang harus kerja hingga larut malam. (Felicia Margaretha)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini