Sukses

Naik Gaji di Perusahaan Ini Diputuskan Lewat Voting Karyawan

Ingin minta naik gaji? Di perusahaan ini, keputusan itu ada di tangan rekan kerja Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Meminta kenaikan gaji ke atasan terkesan begitu menegangkan. Namun bagaimana jika Anda malah harus memintanya kepada rekan kerja?

Di perusahaan situs perbandingan asuransi perjalanan Squaremouth, keputusan terkait kenaikan gaji dan perekrutan dilakukan melalui pemungutan suara bersama.

Squaremouth yang begitu menekankan transparansi, telah menerapkan konsep ini sejak berdiri pada 2003 dan mengunggah gaji setiap karyawannya secara internal.

“Semua orang tahu segalanya,” jelas CEO Chris Harvey dikutip dari CNN Money. Perusahaannya juga mengunggah angka penjualan dan pelanggan pada situsnya sehingga bisa diakses semua orang.

Ketika pegawainya merasa berhak menerima kenaikan gaji, mereka bisa mengadakan sebuah rapat dengan rekan kerjanya. Para karyawan biasanya memiliki waktu sampai akhir jam kerja untuk membuat keputusan final dan harus bisa memberikan penjelasan atas pilihan mereka.

Pilihan ini juga tidak dilakukan secara anonim. Artinya, pilihan masing-masing karyawan bisa diketahui oleh yang lain. Semua suara juga dihitung sama rata dalam pemungutan suara ini. Seorang pegawai harus mendapat suara mayoritas untuk menerima kenaikan gaji. Setelah keputusan dibuat, karyawan tersebut akan menerima umpan balik dari rekan kerja mereka.

 “Kami mengandalkan semua orang untuk memiliki informasi yang cukp dan juga cukup cerdas untuk memutuskan kenaikan yang masuk akal,” jelas Harvey.

Selain pemungutan suara ini, seluruh pegawai tiap tahunnya juga secara otomatis menerima kenaikan gaji berdasarkan biaya hidup (cost of living) yang besarnya bervariasi berdasarkan inflasi. Januari lalu, gaji seluruh pegawai dinaikkan sebesar 2,1 persen. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Budaya Lingkungan Kerja yang Terbuka

Sejak 2010, ada 41 permintaan kenaikan gaji dan sebanyak 39 diterima. Terkadang, kenaikan gaji yang diberikan bisa lebih kecil dari yang diminta. Seiring bertumbuhnya perusahaan, Squaremouth telah mengubah proses pemungutan suara ini ke lingkup pemilih yang lebih sempit.

Perusahaan ini juga menerapkan konsep kenaikan gaji berbasis merit pada 2015 yang didasarkan pada keputusan manajer. Kenaikan ini biasanya digunakan ketika seorang pegawai mendapat promosi atau berganti jabatan.

Selain masalah gaji, Squaremouth juga mempraktikkan budaya lingkungan kerja yang terbuka dengan melakukan pemungutan suara dalam proses perekrutan. Squaremouth menerapkan filosofi “tidak ada yang disembunyikan” untuk membangun kepercayaan antar pekerja dan manajemen.

Perusahaan ini juga menawarkan fasilitas-fasilitas menarik seperti memberikan bonus sebesar USD 200 (Rp 2,9 juta) pada hari ulang tahun pegawainya dan bir gratis di kantor. (Felicia Margaretha)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini