Sukses

Selamat, 215.779 Peserta Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenag

Perhitungan terkini peserta yang lolos seleksi administrasi CPNS Kemenag.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil puncak pengumuman seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2018 dijadwalkan tayang pada Minggu pukul 19.00. Namun, Kementerian Agama (Kemenag) adalah salah satu instansi yang belum mengumumkan hasil seleksi administrasi.

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, sudah ada 215.779 peserta yang lolos tes administrasi. Sementara, sejauh ini, terdapat 23.662 orang yang tidak lolos dan 25.532 orang yang masih diproses di tahap verifikasi.

"Kemenag itu yang submit 265 ribuan. Yang belum verifikasi tinggal 25.532. Tinggal sedikit lagi, paling hari ini kelar. Yang memenuhi (persyaratan administrasi) ada 215.779, dan yang tidak memenuhi ada 23.662," kata Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan kepada Liputan6.com.

Menurut pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN), hal itu karena Kemenag turut mengandalkan kantor wilayah di masing-masing provinsi sehingga alurnya panjang.

"Seperti Kementerian Hukum dan HAM, itu mereka (Kementerian Agama) juga mengandalkan kantor wilayah di masing-masing provinsi," ucap Ridwan. Jumlah peserta yang lolos administrasi CPNS Kemenag juga tercatat tinggi.

Lebih lanjut, Ridwan memberi imbauan agar Kemenag segera menyelesaikan perhitungannya. Ia juga optimistis bahwa perhitungan untuk Kemenag akan selesai hari ini, dengan catatan kualitas verifikasi CPNS Kemenag harus tetap dikedepankan.

"Kami mengimbau supaya selesai diselesaikan proses verifikasinya tanpa mengabaikan ketelitian akan hasil pekerjaan," tegas Ridwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

CAT BKN Pastikan Proses Rekrutmen Konsisten dan Kredibel

Bersiap memfasilitasi rekrutmen CPNS 2018, Tim CAT BKN berkomitmen untuk terus menjaga konsistensi dan kredibilitas sistem dalam memberikan pelayanan terbaik.

Komitmen tersebut di antaranya berupa pembentukan metode seleksi yang bersih dan terpercaya. Hal itu ditegaskan Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

“Komitmen tersebut harus senantiasa dijaga dan ditingkatkan. Hal itu mengingat apresiasi dan kepercayaan publik terhadap CAT BKN yang kini juga terus meningkat,” ujarnya, seperti dikutip dari laman BKN. 

Selanjutnya, Bima meyakini bahwa kesuksesan penerimaan CPNS 2018 ini merupakan bentuk kontribusi BKN untuk negara.

“Dari proses penerimaan CPNS ini menghasilkan Calon PNS yang 20 tahun mendatang akan menggerakkan roda Pemerintahan Indonesia. Ada andil BKN dalam hal ini. Oleh sebab itu, menjadi tanggung jawab kita untuk menghasilkan abdi negara yang tepat dan cepat untuk membangun negara ini,” tukasnya.

Bima menegaskan kembali bahwa rekrutmen CPNS 2018 merupakan pekerjaan besar. Jadi menurutnya, perlu dipersiapkan secara matang dalam memilih SDM pejuang CAT terbaik.

“Ini tantangan berat. Selain permasalahan IT, perlu juga diperhatikan permasalahan non IT. Kepada para pejuang CAT BKN, siapkan fisik, mental, dan spiritual. Tulis pengalaman selama mengawas CAT BKN untuk didokumentasikan dan menjadi lesson learn,” pintanya.

Sebagai tindakan prefentif, Bima juga meminta Tim CAT BKN membentuk call center solutiondan disaster management.

“Harus ada call center solution sebagai pusat penanganan masalah selama proses rekrutmen berlangsung dan juga perlu dibentuk disaster management yang bagus,” ujarnya.

Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya, dibanding dengan pelamar CPNS tahun-tahun sebelumnya, jumlah pelamar pada seleksi CPNS tahun 2018 terbanyak dalam sejarah.

Pusat Data SSCN BKN mencatat bahwa akun pelamar CPNS 2018 ini mencapai 4.436.694 pelamar. Dari jumlah tersebut, terdata pelamar yang sudah memilih instansi sebanyak 3.782.685 orang dan sebanyak 3.627.981 orang sudah melakukan submit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini