Sukses

Menpan Kaji Atlet Berprestasi Internasional 2018 Masuk Formasi CPNS

MenPAN-RB, Syafruddin menuturkan akan libatkan atlet berprestasi internasional 2018 untuk ikut seleksi CPNS 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin, mengatakan  akan melibatkan atlet berprestasi internasional pada 2018 di formasi khusus seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018  (CPNS 2018). 

Seperti diketahui, sebelumnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan, atlet yang diterima untuk menjadi CPNS adalah yang minimal meraih medali perunggu pada Olimpic dan atau Paralympic Games 2016 dan atau Kejuaraan Dunia 2016 yang diakui oleh federasinya.

Adapun peraturan ini mengacu pada Permenpora Nomor 6 Tahun 2018. Permenpora Nomor 6 Tahun 2018 itu juga menyatakan atlet yang diterima untuk menjadi CPNS adalah minimal medali perak pada Asian Games dan atau Asian Para Games pada 2014 dan atau Kejuaran Asia pada 2014 yang diakui oleh federasinya.

Kemudian minimal medali emas pada Sea Games dan atau Asean Para Games pada 2015 dan atau tahun 2017  dan atau Asia Tenggara pada 2017.

Sedangkan olahragawan, olahragawati berprestasi internasional pada  2018 tidak dapat diangkat menjadi CPNS pada 2018 ini melalui jalur Formasi khusus Olahragawan/Olahragawati Berprestasi.

Merespons hal ini, Syafruddin mengaku akan mengikutsertakan para atlet berprestasi internasional 2018 untuk dilibatkan. "Ikut, ikut, saya ikutkan. Sesuai janji kita kepada atlet harus diikutkan," tutur dia di Gedung Kemenpanrb, Senin (22/10/2018).

Oleh sebab itu, Syafruddin mengungkapkan akan melihat kembali terkait Permenpora Nomor 6 Tahun 2018 itu. 

"Kuotanya berapa? Ini validasi dari Kemenpora dulu. Jadi masih bertambah lagi, lagi divalidasi belum baku datanya karena Asian Para Games (APG) baru selesai, jadi masih divalidasi," ungkapnya.

"Asian Para Games, Asian Games ada yang mengundurkan, ada yang ini, belum lengkap. Saya kemarin minta kemenpora supaya APG ini segera dimasukan," tambah dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2,5 Juta Pelamar Sudah Lulus Seleksi Administrasi CPNS 2018

Sebelumnya, jumlah peserta yang lolos tahap verifikasi administasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2018 sudah mencapai angka 2,592.348. Jumlah tersebut naik sekitar 200 ribu orang dari hasil verifikasi Jumat lalu.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Minggu pagi 21 Oktober 2018, 2,5 juta orang lolos CPNS, kemudian 537.664 orang dinyatakan tidak berhasil ke tahap selanjutnya. Sisanya, masih ada 280.723 pelamar yang masih akan disaring.

Penyaringan dalam tahap verifikasi peserta CPNS ini terbagi menjadi dua, yakni oleh tim verifikator, dan kemudian diperiksa kembali oleh tim administrasi instansi terkait. Sebanyak 280 ribu peserta itulah yang akan disaring pada hari ini.

Sejauh ini, target BKN bisa dikatakan tepat sasaran. Sebab, mereka menjanjikan tanggal final pengumuman verifikasi adalah tanggal 21 Oktober 2018.

Para peserta dapat mengecek hasil verifikasi mereka di email masing-masing. Klik di sini untuk mengakses ke SSCN.

Selain itu, seperti yang dijanjikan pihak BKN, para instansi juga diajak untuk memberikan pengumuman dengan caranya masing-masing. Salah satunya adalah Kementerian ESDM yang mengumumkannya di cpns.esdm.go.id.

Pada tahap berikutnya, peserta CPNS harus lolos Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Untuk lokasi tes, BKN menyebut akan mengumumkannya sekitar 25 Oktober 2018.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian PANRB merupakan singkatan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

    Kementerian PANRB

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

  • CPNS 2018