Sukses

Begini Cara Mengetahui Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018

Mau tahu cara melihat nama yang lolos seleksi administrasi CPNS 2018? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai jadwal, tahap pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2018 telah selesai pada Senin, 15 Oktober 2018 kemarin. Total 3,6 juta orang pelamar berhasil menyelesaikan proses pendaftaran dan tinggal menunggu apakah mereka lolos proses verifikasi.

Jika merujuk pada jadwal yang sudah beredar, hasil pengumuman lolos verifikasi tes CPNS adalah tanggal 21 Oktober 2018 mendatang. Namun, pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) memilih mengumumkan hasil tersebut secepat-cepatnya. Lalu bagaimana cara melihatnya?

Menurut Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, peserta yang berhasil lolos akan menerima pengumuman lewat akun SSCN mereka. Akan muncul pesan bagi mereka yang lolos verifikasi seleksi CPNS.

 Untuk itu, pendaftar CPNS pun disarankan mengecek akun SSCN mereka secara berkala. Sebab, ada kemungkinan mereka menerima verifikasi lebih awal.

"Betul lewat SSCN. Lewat akun masing-masing, ketika login langsung keluar 'Anda Lulus. Selamat,'" jelasnya pada Liputan6.com.

 

"Jadi masing-masing pelamar coba login, tapi tidak harus setiap menit, setengah hari sekali mungkin ke akunnya masing-masing untuk dilihat yang bersangkutan lulus atau tidak," lanjutnya.

Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, pihak BKN turut mewajibkan para instansi agar membuat daftar pengumumannya masing-masing. Sehingga, peserta bisa mengecek di akun SSCN maupun instansi terkait.

Lantas bagaimana dengan tanggal 21 Oktober?

Tanggal itu adalah maksimal pengumuman hasl verifikasi CPNS bagi seluruh instansi. "Maksimal pengumuman itu harus disampaikan kepada publik pada 21 Oktober 2018," ucap Ridwan.

Berikutnya, lokasi tes akan tersedia di SSCN. Lokasi tes CPNS akan diumumkan beberapa hari setelah hasil verifikasi telah keluar.

"Nanti setelah itu dicek berkala, sekitar tanggal 25 atau selanjutnya itu nanti lokasi tesnya akan tersedia," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Daftar, Seleksi CPNS 2018 Ditutup Hari Ini

Setelah dibuka selama 25 hari sejak 26 September lalu, proses pendaftaran sistem seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) akan ditutup hari ini, Senin (15/10/2018) pukul 23.59 WIB.

Selain menutup masa pendaftaran, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sehari sebelumnya, atau tepatnya pada Minggu 15 Oktober 2018 pukul 23.59 WIB, juga telah menutup Helpdesk Online yang biasa menerima layanan konsultasi secara daring di portal SSCN.

Dalam rencana awal, tahap pendaftaran CPNS 2018 rencananya akan ditutup pada 10 Oktober. Namun kemudian, BKN menyatakan penutupan pendaftaran diundur lima hari menjadi 15 Oktober.

Perpanjangan jangan masa pendaftaran ini tertuang dalam Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor K26-30/V 141-2/99.

"Ini untuk memberi kesempatan waktu yang lebih panjang (kepada masyarakat)," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Mudzakir, mengungkap alasan pengunduran jadwal tersebut.

Adapun pada seleksi perekrutan CPNS 2018, terdapat 601 instansi yang terdiri dari 425 pemerintah daerah dan 76 Kementerian dan Lembaga yang mencantumkan 238.015 formasi di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.