Sukses

5 Produk Indonesia Ikut dalam Festival Belanja Online Terbesar di Tiongkok

Keikutsertaan produk buatan Indonesia merupakan hasil kesepakatan Pertemuan Steering Committee E-Commerce Indonesia dengan Jack Ma

Liputan6.com, Jakarta Lima produk Indonesia bakal terpajang pada festival belanja online terbesar di Tiongkok bertajuk “Festival 11.11 Singles Day". Kelima produk tersebut, yakni Mooi Luwat, Biskuit Richeese, kerupuk udang, Indomie Goreng dan Sarang Burung Walet. 

Keikutsertaan produk buatan Indonesia merupakan hasil kesepakatan Pertemuan Steering Committee E-Commerce Indonesia dengan Jack Ma, selaku Penasehat E-Commerce Indonesia di sela-sela Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali.

Hadir dalam pertemuan yang dipimpin Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, adalah Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Ketua Dewan Komisaris OJK Wimboh Santoso dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf serta Ketua Kadin Rosan P Roeslani.

"Hal ini merupakan awal dari kerja sama yang saling menguntungkan di masa yang akan datang. Ke depan produk-produk andalan lainnya sudah mulai dipromosikan di Indonesia Pavilion," Mengutip keterangan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) untuk Tiongkok di Jakarta, Minggu (14/10/2018).

Pertemuan juga membahas tindak lanjut hasil pertemuan Presiden RI dengan Jack Ma dan pertemuan dengan SC E-Commerce Indonesia di Bogor dan Jakarta awal September 2018.

KBRI menyebutkan jika terpilihnya kelima produk tersebut terkait kesiapan stok 1 juta paket saat pelaksanaan festival. Produk ini juga telah teregistrasi pada platform Alibaba (khususnya Tmall) serta telah memiliki dukungan supply chain yang baik untuk antisipasi terjadinya peningkatan permintaan ekspor yang signifikan.

Selain itu, produk-produk tersebut sudah ada dan siap dijual di Tiongkok yang diharapkan dapat memberikan dampak berganda ke merek asli produk Indonesia lainnya di segmen tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajang Promosi

Rencananya, kelima produk itu akan dipromosikan dalam T-Mall Global Indonesia Country Pavilion yang segera diluncurkan dalam waktu dekat, bersamaan dengan dimulainya rangkaian Festival 11.11 Singles.

Serangkaian kegiatan promosi untuk produk Indonesia di Pavillion tersebut  akan dilakukan  Alibaba Group bekerja sama dengan KBRI Beijing, Indonesia Chamber of Commerce in China (INACHAM) dan para pemangku kepentingan terkait lainnya khususnya Kadin.

Kedepan produk-produk andalan lainnya sudah mulai dipromosikan di Indonesia Pavilion.

Selain menjadi platform untuk promosi berbagai produk ekspor Indonesia di Tiongkok, Country Pavilion ini juga akan berisi konten promosi budaya dan pariwisata Indonesia kepada konsumer Tiongkok.

Festival 11.11 Singles Day Alibaba Group berhasil mencatat rekor penjualan sebesar RMB 162 miliar (sekitar USD 25,3 miliar) pada 2017.

Pada tahun ini, selain partisipasi produk Indonesia pada Festival 11.11 Singles Day, Indonesia juga akan menjadi Country of Honor dalam pameran China International Import Expo (CIIE) Shanghai pada November mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini