Sukses

Lewat Aplikasi Ini, Petani Bisa Bebas dari Jerat Tengkulak

Selama ini yang menjadi kendala bagi petani dalam mengelola pertanian mengenai pemanfaatan benih yang tepat, pupuk dan cuaca.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (EWINDO) bersama mitra dalam konsorsium G4AW SMARTseeds meluncurkan penambahan fitur terbaru dari aplikasi SIPINDO (Sistem Informasi Pertanian Indonesia).

Ada fitur ini diharapkan membuat hasil panen petani lebih optimal dan terbebas dari tengkulak.‎ ‎Beberapa fitur baru ini antara lain berisi prediksi cuaca dengan resolusi spasial hingga 5 kilometer, rekomendasi kandungan hara tanah berdasarkan hasil tes laboratorium dan rekomendasi pemupukan. 

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian, Musdhalifah Machmud, mengatakan selama ini yang menjadi kendala bagi petani dalam pengelola pertaniannya yaitu soal pemanfaatan benih yang tepat, pupuk dan cuaca. ‎

"Salah satu kendala petani kita ini bagaimana manfaatkan benih yang tepat, saat musim kemarau terutama. Ini diharapkan bisa bantu petani, kalau hujan pakai benih ini, saat musim kering benih ini. Dengan demikian, petani kita mudah mengerti situasi apa yang dihadapi, apakah kemarau, hujan. Sehingga perluasan informasi ini sangat penting dilakukan," ujar dia di kawasan Tebet, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Managing Director EWINDO, Glenn Pardede, mengungkapkan aplikasi Sipindo menghadirkan data pertanian secara realtime dan akurat.

Dengan demikian, petani bisa langsung mengakses informasi yang dibutuhkan seperti mengetahui tingkat kesuburan tanah agar lebih hemat dalam menggunakan pupuk, serta mendapat informasi mengenai perkiraan cuaca hingga harga dan tren permintaan komoditas di pasaran.  ‎

"Selain itu, petani bisa memperoleh informasi seputar tata cara penanganan hama dan penyakit tanaman, pola dan musim tanam, estimasi waktu panen dan perkiraan jumlah produksi, prakiraan iklim dan cuaca, hingga forum jual beli hasil panen dari pedagang pasar tradisional serta ritel modern untuk mengantisipasi permainan harga oleh para tengkulak," ungkap dia.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Rekomendasi Pemupukan Baru di Beberapa Daerah

Untuk saat ini fitur rekomendasi pemupukan baru bisa dinikmati oleh petani di Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY dan Lampung dan sedang dalam proses untuk melakukan pengembangan ke daerah lainnya.

Sementara untuk fitur prediksi curah hujan sudah bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia yang berada di bawah garis katulistiwa. 

Selain petani, aplikasi ini juga bermanfaat buat penyuluh pertanian dan pedagang. Keuntungan bagi mitra penyuluh adalah mendapatkan informasi yang dibutuhkan petani sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam menganalisa suatu masalah yang dihadapi. Kemudian segera memberikan solusi serta penyuluhan dengan cepat dan tepat kepada masing-masing petani. 

Sementara, pedagang bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mencari dan membeli produk-produk pertanian sesuai kebutuhan mereka dari petani langsung. 

"Ini diharapkan mampu memberikan jawaban untuk membantu para petani dalam menyelesaikan masalah yang sering dihadapi," ujar dia.‎

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.