Sukses

Salah Input Data di Portal Sscn.bkn.go.id, Masih Bisa Diperbaiki?

Bagaimana jika telah terlanjur menginput data? Masih bisakah memperbaiki data yang sudah dikirim?

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018 resmi dibuka pada hari ini, Rabu (26/9/2018), pukul 00.01 WIB. Sebagian besar orang pun mulai mendaftar CPNS 2018.

Dalam mendaftar CPNS 2018, tak sepenuhnya lancar. Ada saja masalah yang dihadapi para peserta seleksi CPNS 2018, mulai dari koneksi internet yang tidak mendukung hingga kesalahan menginput data.

Lantas, bagaimana jika telah terlanjur menginput data? Masih bisakah memperbaiki data yang sudah dikirim?

Dikutip dari portal https://sscn.bkn.go.id/, Rabu (26/9/2018), dikatakan bahwa peserta tidak dapat memperbaiki data yang sudah dikirim. Oleh karena itu, BKN mengimbau agar para peserta seleksi CPNS 2018 berhati-hati dalam mengisi data.

"Anda tidak dapat memperbaiki data yang sudah di kirim, sehingga Anda harus berhati-hati dalam mengisi data. Apabila ternyata masih ada data yang perlu diperbaiki setelah dikirim maka data tersebut hanya dapat diperbaiki pada saat setelah lulus ujian dan akan diproses pada pemberkasan penetapan NIP," jelasnya.

Sementara itu, untuk mengubah pilihan instansi pendaftaran masih bisa dilakukan jika peserta belum menekan tombol simpan.

"Jika Anda belum menekan tombol "simpan" pada pendaftaran maka Anda masih dapat merubah pilihan instansi yang dilamar, namun jika Anda telah selesai melakukan pendaftaran maka Anda tidak dapat melakukan perubahan pilihan instansi yg dilamar," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BKN Imbau Pelamar CPNS 2018 Jangan Daftar Pakai Smartphone

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 telah dibuka hari ini. Para pelamar bisa mendaftar lewat situs https://sscn.bkn.go.id.

Kadang saat mendaftar satu atau dua masalah bisa terjadi. Masalah pertama ketika koneksi terputus saat mendaftar dan akun tertulis sudah terdaftar ketika telah daftar ulang.

Mengenai hal tersebut, BKN lewat Twitter resminya menyebut bahwa peserta tinggal login saat mendaftar.

"Pagi ini sudah banyak yang bertanya, setelah berhasil daftar kemudian saat mengisi data koneksi gagal. Tapi tidak bisa mendaftar lagi karena akun telah terdaftar."

"Seperti bermain media sosial, kalau sudah mendaftar akun. Apa yg harus dilakukan? apakah daftar lagi atau login?" cuit @BKNgoid, Rabu (26/9/2018).

Masalah lain adalah imbauan agar tidak mendaftar lewat smartphone karena dikhawatirkan terjadi kesalahan memasukkan data. Pemakaian PC atau Laptop pun dianjurkan.

"Paling penting #SobatBKN, Harap mendaftar menggunakan PC/Laptop karena sering terjadi kesalahan input data oleh pelamar jika menggunakan smartphone," lanjut BKN.

Dalam panduan mendaftar SSCN, pendaftar juga telah diingatkan agar membaca ulang sebelum mengirim data mereka.

Di SSCN dan situs instansi yang membuka CPNS juga telah disediakan informasi lengkap mengenai persyaratan, sehingga menjadi tanggung jawab pelamar untuk membaca dengan lengkap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini