Sukses

20 Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Daftar CPNS di Portal Sscn.bkn.go.id

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan peserta seleksi CPNS 2018 saat pendaftaran beserta jawabannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018 resmi dibuka pada hari ini, Rabu (26/9/2018), pukul 00.01 WIB. Seiring dengan hal tersebut, banyak pertanyaan yang diajukan peserta seleksi CPNS 2018 saat hendak mendaftar di portal Sscn.bkn.go.id.

Hal ini terbukti dari tautan akun Twitter BKN @BKNgoid yang menyebutkan bahwa per jam 10.00 tadi sudah ada lebih dari 700 mention masuk. Oleh karena itu, BKN menganjurkan agar para peserta seleksi CPNS 2018 dapat membaca dan mencermati setiap petunjuk dan persyaratannya.

"Cukup speechless per jam 10:00 ini sudah lebih dari 700 mentions masuk dari #SobatBKN yang antusias dengan #2019JadiASN 💪💪 Tapi mimin harap #SobatBKN sekalian dapat membaca dan mencermati setiap petunjuk dan persyaratan agar paham terkait langkah pendaftarannya," kata salah satu admin @BKNgoid.

Bagi Anda yang masih bingung mengenai pendaftaran di portal https://sscn.bkn.go.id/, seperti cara mendaftar seleksi CPNS, siapa saja yang bisa mendaftar pada seleksi CPNS, bagaimana jika data kependudukan dan catatan sipil tidak sesuai ijazah atau NIK dan Nomor KK/NIK Kepala Keluarga tidak sesuai, dan lainnya, maka Anda dapat menemukan jawabannya di sini.

Dikutip dari laman https://sscn.bkn.go.id/, Kamis (27/9/2018), berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan peserta seleksi CPNS 2018 saat pendaftaran beserta jawabannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Apakah SSCN itu?

SSCN atau Sistem Seleksi CPNS Nasional adalah situs resmi pendaftaran CPNS secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi CPNS ke seluruh Instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi CPNS Nasional. SSCN dapat diakses dengan alamat https://sscn.bkn.go.id

2. Bagaimana cara mendaftar seleksi CPNS?

Untuk mendaftar seleksi CPNS, silakan masuk ke portal https://sscn.bkn.go.id

3. Siapa saja yang bisa mendaftar pada Seleksi CPNS?

Warga Negara Indonesia yang berkeinginan dan memenuhi syarat sesuai aturan tiap-tiap instansi (Formasi, Jabatan, dan lain-lain) selama batas usia yang dipersyaratkan terpenuhi.

4. Bagaimana jika data Kependudukan dan Catatan Sipil saya tidak sesuai dengan ijazah?

Hubungi kantor DUKCAPIL setempat sesuai alamat KTP, atau DUKCAPIL PUSAT untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi (ijazah) yang Anda miliki. Kontak DITJEN DUKCAPIL dapat dilihat pada tautan berikut http://dukcapil.kemendagri.go.id/contact Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil (Call Center : 1500537)

5. Bagaimana jika data NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) / NIK Kepala Keluarga tidak sesuai?

Apabila terdapat ketidaksesuaian data antara NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) / NIK Kepala Keluarga, silahkan mengajukan permohonan perbaikan data ke Kantor DUKCAPIL setempat sesuai alamat KTP, atau DUKCAPIL PUSAT untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki.

3 dari 5 halaman

6. Bagaimana pengisian data nama yang benar?

Nama yang diisikan adalah Nama Tanpa Gelar

7. Bagaimana bila salah memasukkan "Nama" identitas saya?

Nama Anda tidak dapat diubah, namun dapat diperbaiki ketika anda telah lulus seleksi CPNS dengan melampirkan nama yang sesuai pada ijazah tanpa gelar. Maka tidak menjadi masalah bila saat tes seleksi CPNS nama Anda kurang/kelebihan huruf, salah nama, dan lain-lain.

8. Apakah saya dapat melamar lebih dari 1 jabatan?

Untuk formasi CPNS tahun 2018, setiap pelamar CPNS Hanya dapat mendaftar 1 formasi jabatan pada 1 instansi dalam 1 kali periode pendaftaran.

9. Apakah yang dimaksud periode pendaftaran?

Periode pendaftaran adalah satu kurun waktu tertentu dimana ada beberapa instansi yang membuka pendaftaran pada saat yang bersamaan.

10. Apa yang dimaksud dengan formasi khusus?

Formasi khusus adalah formasi lain yang diatur sesuai dengan PERMENPAN Nomor 36 Tahun 2018, yaitu:

1. Putra/Putri Lulusan Terbaik,

2. Penyandang Disabilitas,

3. Putra/Putri Papua dan Papua Barat,

4. Olahragawan berprestasi Internasional,

5. Diaspora,

6. Tenaga Guru dan Tenaga Medis/Paramedis dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II.

4 dari 5 halaman

11. Bagaimana jika kode Captcha tidak terbaca atau tidak tampil?

Lakukan clear history (bersikan riwayat dan cookies) kemudian refresh browser Anda dengan tekan (ctrl + f5).

12. Bagaimana jika data tempat lahir saya tidak ada di referensi?

Data tempat lahir yang digunakan sampai pada Daerah Tingkat II (Kab/Kota) pada saat anda lahir dan bukan data wilayah pemekaran saat ini. Pastikan data tempat lahir yang Anda ketikkan benar.

Jika masih membutuhkan penambahan referensi maka Anda dapat melakukan permintaan penambahan data tempat lahir dengan mengklik link tombol HelpDesk HelpDesk SSCN 2018 pada menu Lokasi Lahir tidak ditemukan.

13. Tidak ada tombol "Registrasi" (Daftar) pada formulir pendaftaran, apa yang harus saya lakukan?

Pendaftaran hanya dapat dilakukan sesuai jadwal pendaftaran. Tidak ada tombol daftar berarti jadwal pendaftaan belum dibuka atau sudah ditutup.

14. Pada saat login SSCN, muncul konfirmasi "User Tidak Ditemukan", bagaimana solusinya?

Cek kembali Kartu Informasi Akun SSCN Anda, pastikan username yang Anda ketikkan sesuai dengan username pada Kartu tersebut. Jika masih mengalami kendala, Anda dapat menghubungi HelpDesk SSCN 2018. Kami akan melakukan pengecekan pada database SSCN 2018, beberapa dokumen (FC KTP, KK) akan dibutuhkan sebagai bukti pencarian data.

15. Sudah melakukan pendaftaran akun SSCN 2018, apakah bisa langsung login untuk melanjutkan pengisian biodata pendaftaran?

Setelah Anda melakukan pendaftaran akun SSCN 2018, maka Anda dapat langsung melakukan pengisian biodata pendaftaran dengan login menggunakan NIK atau Nomor Passpor untuk Formasi Diaspora serta password yang sudah dibuat.

5 dari 5 halaman

16. Dapatkah saya mengganti/membatalkan instansi yang telah saya pilih?

Anda tidak dapat mengganti instansi yang telah anda pilih apabila Anda sudah menekan tombol kirim.

17. Bagaimana jika muncul tulisan "NIK sudah terdaftar" ketika membuat akun pendaftaran?

Silakan akses website Helpdesk SSCN kemudian pilih menu Registrasi lalu klik "NIK didaftarkan orang lain" dan lengkapi form isian tersebut.

18. Bagaimana jika muncul tulisan "NIK sudah menjadi PNS" ketika membuat akun pendaftaran?

Silakan akses website Helpdesk SSCN kemudian pilih menu Registrasi lalu klik "NIK terindikasi PNS" dan lengkapi form isian tersebut.

19. Bagaimana jika ada kesalahan dalam penginputan alamat e-mail ketika membuat akun pendaftaran?

Silakan akses website Helpdesk SSCN kemudian pilih menu Registrasi lalu klik “ Perbaikan Alamat Email dan lengkapi form isian tersebut.

20. Bagaimana cara mengecek lowongan informasi yang tersedia?

Silakan akses website portal SSCN (https://sscn.bkn.go.id) dan Helpdesk SSCN (https://helpdesk.bkn.go.id/sscn) kemudian pilih menu SPF (Simulasi Pemilihan Formasi) kemudian lengkapi form isian tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.