Sukses

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Ternyata Karyawan BUMN

Di Pupuk Kaltim, Fakhri memiliki jabatan Superintendent Bina Wilayah Departemen Corporate Social Responsibilty (CSR).

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-16 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur. Timnas usia muda ini dilatih oleh Fakhri Husaini, yang juga adalah seorang legenda sepak bola Indonesia.

Selain itu, ternyata Fakhri Husaini sampai saat ini berstatus sebagai karyawan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Pupuk Kaltim.  Perusahaan pelat merah ini merupakan bagian dari Pupuk Indonesia Holding Company.

"Iya, statusnya pegawai Pupuk Kaltim. Tapi dapet semacam dispensasi, karena ada tugas negara," kata Kepala Corporate Communication PT Pupuk Indonesia (Persero ) Wijaya Laksana kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (13/8/2018).

Di Pupuk Kaltim, Fakhri memiliki jabatan Superintendent Bina Wilayah Departemen Corporate Social Responsibilty (CSR).

Mengenai prestasinya ini, manajemen Pupuk Kaltim berencana untuk memberikan bonus. "(Bonus) sedang dipertimbangkan," tegas Wijaya.

Fakhri adalah sosok di balik keberhasilan Timnas Indonesia U-16 meraih juara Piala AFF U-16. Fakhri Husaini merupakan mantan pemain Timnas Indonesia di era 1990-an dan membela tim Bontang PKT hingga sembilan musim (1992-2001).

Fakhri sempat menjadi karyawan Perto Kimia Gersik. Namun sekarang, dirinya telah berstatus karyawan Pupuk Kaltim.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 2018

Timnas Indonesia mencatat sejarah dengan menjuarai Piala AFF U-16 untuk kali pertama. Anak asuh Fakhri Husaini memenangkan edisi 2018 usai mengalahkan Thailand 4-3 (1-1) melalui adu penalti di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018).

Pemain pengganti Fajar Fathur membawa Timnas Indonesia memimpin di menit ke-33. Sementara Thailand menyamakan kedudukan lewat Apidet Janngam ('72).  

Pada adu penalti, kiper Ernando Ari kemudian menjadi pahlawan dengan mementahkan eksekusi Apidet Janngam dan Pongsakorn Innet. 

Sementara empat algojo Indonesia, yakni Sutan Zico, Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, dan David Maulana mampu menunaikan tugas.

Capaian terbaik Timnas Indonesia pada Piala AFF U-16 sebelumnya adalah mencapai final turnamen 2013. Sementara Thailand masih berstatus pengoleksi gelar terbanyak bersama Vietnam dengan tiga gelar (2007, 2011, 2015). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.