Sukses

Angkasa Pura II Sabet 3 Penghargaan di Ajang Service Quality Award 2018

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyabet tiga penghargaan pada ajang Service Quality Award 2018 (SQ Award 2018) yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (2/8/2018) malam.

SQ Award 2018 sendiri merupakan ajang penghargaan yang dibuat berdasarkan riset nasional kepuasan pelanggan atau Service Quality Index (SQI) yang dihimpun oleh Carre Service Quality Monitoring.

Adapun AP II menerima penghargaan untuk kategori International Airport di Kualanamu International Airport, Domestic Airport di Bandara Kualanamu, serta Domestic Airport di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Direktur Pelayanan dan Fasilitas Angkasa Pura II Ituk Herarindri menjelaskan, raihan tersebut merupakan hasil survei langsung pihak Carre Service Quality Monitoring kepada dua bandara yang mereka kelola saat ini.

"Dari hasil survei itu, Kualanamu internasional dan domestik layak untuk mendapatkan penghargaan Diamond. Soekarno-Hatta juga dapat Diamond," ungkapnya saat berbincang dengan Liputan6.com.

Sebagai informasi, dalam ajang SQ Award 2018 ini terdapat dua kategori penghargaan yakni Diamond dan Gold. Penerima SQ Award Diamond adalah perusahaan yang memiliki nilai SQI di atas 4 ribu dan di atas rata-rata sektor industri.

Sementara penerima SQ Award Golden ialah korporasi yang memiliki SQI di atas 4 ribu tapi di bawah rata-rata industri, atau di atas 3.500-3.999 dan di atas rata-rata industri.

Ituk melanjutkan, dia menganggap capaian itu layak diterima Angkasa Pura II, sebab kedua bandara tersebut memang telah menorehkan banyak prestasi di sektor penerbangan, khususnya Bandara Kualanamu.

"Kualanamu banyak prestasinya, baik secara internal di Angkasa Pura II maupun di ajang-ajang seperti ini," ujar dia.

2 dari 2 halaman

267 Merek Indonesia Raih Penghargaan di Service Quality Award 2018

Sebanyak 267 jenama atau merek di Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan tahunan Service Quality Award 2018 (SQ Award 2018). Nama-nama tersebut tersaring berdasarkan riset nasional kepuasan pelanggan Service Quality Index (SQI) yang dilakukan Carre Service Quality Monitoring.

Penyelenggaraan event juga bekerja sama dengan majalah Service Excellent, yang akan menampilkan daftar perusahaan pemenang di dalam majalah. Penyerahan penghargaan berlangsung di Ballroom 2, Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Pemimpin Redaksi Majalah Service Excellent Anang Ghazali mengatakan, perusahaan penerima penghargaan akan diberi wewenang menunjukan diri sebagai pemenang lewat produk yang dipasarkan.

"Perusahaan penerima penghargaan SQ Award ini nantinya akan mendapatkan hak pembagian penggunaan logo service quality award yang bisa digunakan untuk produk," ucap dia saat membuka acara di Ballroom II Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (2/8/2018). 

Adapun riset nasional kepuasan pelanggan yang dilakukan Carre Service Quality Monitoring pada penyelenggaraan di tahun ke-14 ini turut memasukan unsur layanan digital sebagai salah satu aspek yang dinilai.

Riset nasional SQI yang diadakan di 4 kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang ini coba mengukur persepsi pelanggan yang menikmati pelayanan dalam waktu maksimal 6 bulan terakhir.

Sesi penilaian terbagi menjadi dua tahap, yakni kategori Random pada kurun waktu Januari-Maret 2018, serta kategori Booster dari April-Mei 2018.

Service Quality Award atau SQ Award sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang mempunyai SQIndex yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Terdapat dua kategori penghargaan pada SQ Award, yaitu Diamond dan Gold.

Penerima SQ Award Diamond adalah perusahaan yang mempunyai SQI di atas 4 ribu dan di atas rata-rata sektor industrinya. Sementara penerima SQ Award Golden ialah korporasi yang memiliki SQI di atas 4 ribu tapi di bawah rata-rata industrinya, atau di atas 3.500-3.999 dan di atas rata-rata industrinya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pasca Teror Bom Medan, Pengelola Bandara Perketat Keamanan
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati! Surat Panggilan Kerja Hoaks