Sukses

RI Ajak Brunei Darussalam Investasi di Tanjung Lesung

Brunei Darussalam menjadi salah satu negara yang dilirik pemerintah agar ikut berinvestasi di kawasan ekonomi khusus Tanjung Lesung, Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia melebarkan kerjasama di bidang pariwisata dengan beberapa negara tetangga. Brunei Darussalam menjadi salah satu negara yang dilirik pemerintah agar ikut berinvestasi di sektor tersebut, khususnya di kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten.

"Ide itu dibahas oleh Kadin. Jadi Tanjung Lesung di Banten saat ini sedang dibangun infrastrukturnya, kita coba tawarkan kepada Brunei Darussalam untuk ikut berinvestasi mulai dari pembukaan hotel, destinasi wisata, dan sebagainya," kata Direktur Asia Tenggara Kemenlu RI, Denny Abdi, saat ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta Pusat, Rabu (18/7/2018).

Rencanaya penawaran untuk berinvestasi ini akan disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada Menteri Luar Negeri Brunei Darussalam, Erywan Yusof, saat kunjungannya ke Jakarta Jumat (20/7/2018) mendatang.

"Karena Brunei Darussalam itu memiliki pendapatan per kapita cukup tinggi, di bawah Singapura dan di atas Malaysia, jadi kita melihat adanya potensi. Selama ini Brunei Darussalam hanya mengandalkan cadangan minyak sebagai sumber pendapatan, tetapi kini mereka mulai melihat sumber pertumbuhan lain seperti di sektor pariwisata," jelas Denny.

"Menlu Retno nanti akan berdialog dan mencoba untuk menawarkan kerjasama di bidang pariwisata. Karena Menlu Erywan datang dengan beberapa pelaku usaha, maka mereka bisa melihat sebesar apa potensi dan peluang yang ada di sini. Ini termasuk penguatan ekonomi untuk negara kita," tambahnya.

Meski demikian, keputusan akhir mengenai investasi nantinya akan tergantung kepada para investor. Sebab pemerintah hanya berusaha memfasilitasi kegiatan seperti business meeting atau pertemuan antar pelaku bisnis saja.

"Aktor utamanya sebenarnya adalah para pengusaha. Kita upayakan business meeting yang nantinya bisa mempertemukan pengusaha dari kedua negara," tandasnya.

 

Reporter: Ira Astiana

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini