Sukses

Perkara Dagang, Donald Trump Sebut Uni Eropa Musuh

Setelah China, Donald Trump menganggap Uni Eropa adalah musuh dalam perkara dagang.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam masalah dagang, Presiden Donald Trump memakai kebijakan 'America First', yakni mengutamakan barang dan pekerja negaranya. Ia pun kesal karena menganggap Amerika Serikat (AS) rugi akibat diperdaya oleh sekutu dan musuhnya.

Setelah belakangan ini Trump fokus melawan China dalam perang dagang. Sekarang, ia menyebut Uni Eropa sebagai salah satu musuhnya.

"Kita memiliki banyak musuh. Saya pikir Uni Eropa adalah musuh (karena) apa yang mereka lakukan pada kita dalam dagang. Sekarang, kamu pasti tak mengira Uni Eropa, tapi mereka musuh," jelas Trump seperti dikutip Market Watch.

Tidak hanya Uni Eropa, Presiden Trump juga menegaskan Rusia dan China adalah musuh.

"Rusia adalah musuh dalam beberapa hal. China adalah musuh secara ekonomi, tentunya mereka musuh.Tapi itu tak berarti mereka buruh. Itu tidak berarti demikian. Itu berarti mereka kompetitif," jelas Trump.

Omongan Trump telah dibantah oleh Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk, lewat akun Twitter resminya. Ia mengatakan AS dan Uni Eropa adalah teman baik, dan mengatakan sebaliknya berarti menyebar berita palsu.

Pada Juni lalu, ia berucap di Twitter bahwa musuh dan sekutu AS tidak akan bisa lagi mengambil keuntungan dari negaranya dalam urusan dagang.

"Maaf, kita tidak bisa membiarkan para sahabat, atau musuh, mengambil keuntungan dari kita dalam Dagang. Kita harus utamakan pekerja Amerika pada posisi pertama!" ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lawan Perang Dagang AS, China Merapat ke Uni Eropa

Dalam usaha melawan perang dagang yang dikobarkan Trump, China sedang mendekati Uni Eropa dalam rangka membuka lebar akses pasar mereka bagi investor asing.

Li Keqiang, Perdana Menteri (PM) China, baru-baru ini bertemu dengan pemimpin Eropa tengah dan timur di ibu kota Bulgaria dan berjanji akan membuka perekonomian mereka walau perang dagangsedang terjadi.

"Membuka diri adalah kemudi kunci dari agenda reformasi China, jadi kami akan terus membuka lebar pada dunia, termasuk membuka lebar akses pasar untuk investor asing," ucapnya.

PM China juga baru saja bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel di Berlin pada Senin, 9 Juli 2018 waktu setempat. Minggu depan, China juga akan menyelenggarakan EU-China Summit di Beijing.

China telah mengeluarkan miliaran Euro pada pembangunan jalanan, rel kereta, pelabuhan, dan proyek infrastruktur lainnya di negara-negara Eropa Timur dan Tengah.

Dalam urusan dagang, China adalah sumber impor terbesar bagi Uni Eropa sekaligus juga pasar ekspor terbesar nomor dua.

Uni Eropa dan China juga sedang mengalami nasib serupa, yakni dibayangi oleh perang dagang dari Presiden Donald Trump.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini