Sukses

Ini Dia 4 Cara Cepat Cari Modal Usaha

Berikut beberapa cara cepat dan ampuh untuk mencari modal usaha. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit milenial memilih berbisnis daripada bekerja kantoran. Namun sering mereka terbentur modal usaha, bisnis pun hanya sekadar ide. Padahal, tak harus bermodal besar, bisnis sudah bisa berjalan. Yang terpenting, upayakan bisnis berjalan dengan modal seminimal mungkin.

Banyak generasi muda yang berminat menjadi pengusaha atau membuka bisnis sendiri sejak awal. Gejala ini sesungguhnya perlu didukung semaksimal mungkin. Terutama dalam hal permodalan sebagai kendala utama mayoritas generasi muda yang berniat membuka bisnis.

Modal adalah salah satu syarat utama yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Meski dapat dilakukan, namun membuka bisnis tanpa adanya modal biasanya akan membuat laju pertumbuhan usaha yang dibangun sedikit terhambat.

Menurut para ahli di bidang bisnis, apa yang disebut modal bukan hanya berupa uang, melainkan juga skill atau kemampuan. Selain itu, juga menyangkut peralatan dan perlengkapan. Bahkan, menyangkut jaringan atau network yang dimiliki dan masih banyak lagi yang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meminjam pada bank

Ada beberapa cara mendapatkan modal. Salah satunya adalah meminjam pada bank. Pinjaman ini wajib dicicil meski keuntungan belum mumpuni. Apalagi bisnis yang masih belum berkembang ini belum tentu berjalan mulus dan prosedur pinjaman di bank yang belum tentu mudah harus dipenuhi.

Menurut Head of Sales Deprtement Bank Mandiri, Denny Admiral Nasir, meminjam modal usaha ke bank tak sesulit yang orang bayangkan.

“Prinsipnya, asal persyaratan dan dokumen yang diperlukan sudah dipenuhi, dan usaha Anda dinilai memiliki prospek, bank dapat segera mencairkan pinjaman,” ujarnya beberapa waktu lalu pada wormtraders.com.

Pinjaman lunak untuk pengusaha kecil (micro-banking), kata Denny, perempuan lajang berusia 21 tahun ke atas juga bisa mendapatkan pinjaman ini. Dengan syarat, tentu, mereka memiliki penghasilan tetap yang bisa menutupi besarnya cicilan kredit.

Sementara itu, menurut perencana keuangan dari Biro Perencanaan Keuangan Safir Senduk & Rekan, Eko Endarto, utang atau kredit sangat berguna. Pasalnya, hal itu bisa dijadikan ‘pendongkrak’ bisnis. Jika digunakan secara tepat, kredit dapat mempercepat perkembangan usaha.

“Ujung-ujungnya, modal yang Anda tanamkan bisa kembali lebih cepat,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

3 dari 4 halaman

Pilihan untuk Mendapat Modal

Saat berencana membuka sebuah bisnis, diperlukan modal awal yang cukup besar. Angka nominalnya akan sangat bergantung kepada skala bisnis yang akan digeluti. Tentunya, untuk bisa mendapatkan modal dengan jumlah yang diharapkan, haruslah berusaha, baik dengan menabung maupun dengan cara meminjam.

Sayangnya, besaran uang yang didapat dengan cara menabung seringkali tidak mencukupi. Untuk itu, sangat dibutuhkan agar bisa meminjam uang dari bank yang prosedurnya terkadang cukup sulit dan berbelit.

1. Meminjam dari kerabat atau teman

Sejatinya, ada beberapa alternatif untuk mencari dana dalam rangka mendapatkan modal usaha cepat dan mudah. Yaitu, meminjam dari kerabat atau teman. Model pinjaman ini bersifat aman dan fleksibel dalam pengembalian. Tentunya asal diberikan penjelasan yang meyakinkan bahwa bisnis yang akan dioperasikan memiliki masa depan yang baik.

2. Mengajukan kredit ke bank

Mengajukan kredit ke bank, ini alternatif yang paling populer. Apalagi kini ada beragam produk pinjaman yang dapat digunakan sebagai modal usaha. Misalnya Kredit Tanpa Agunan (KTA).

4 dari 4 halaman

3. Bekerja sama dengan pihak lain

Bekerja sama dengan pihak lain adalah pilihan tepat ketika modal tidak mencukupi. Selain itu, tidak ada salahnya jika mengajak pihak lain untuk bekerja sama.

Dengan program ini, tidak harus menanggung semua risiko sendirian. Sebab, ada pihak lain yang juga akan menanggungnya. Selain itu, juga tidak perlu menanggung biaya cicilan dan bunga. Terutama, jika tidak melibatkan uang pinjaman dari bank.

4. Berinvestasi sejak jauh-jauh hari

Berinvestasi sejak jauh-jauh hari, menabung modal bisa dijadikan cara untuk mendapatkan modal usaha. Banyak sekali pengusaha sukses yang mengawali bisnis mereka sejak puluhan tahun sebelumnya. Dari sana, mereka kemudian menggunakan dana yang terkumpul untuk membuka usaha yang selama ini mereka impikan.

Sumber: www.wormtraders.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini