Sukses

3 Langkah Tepat Memulai Bisnis agar Cepat Sukses

Jika Anda berpikir Anda siap untuk memulai bisnis pertama Anda, inilah gambaran selangkah demi selangkah dari apa yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkannya

Liputan6.com, Jakarta - Jadi, Anda ingin memulai bisnis sendiri? Mungkin Anda benar-benar mengetahui dan bersemangat tentang sesuatu, atau Anda telah menemukan cara untuk mengisi celah di pasar.

Perjalanan memulai bisnis tidaklah mudah. Memulai bisnis membutuhkan banyak waktu, usaha, dan kerja keras, dan banyak calon pengusaha akhirnya gagal. Tetapi jika perusahaan Anda bertahan, imbalannya sangat berharga bagi rintangan yang akan Anda hadapi di jalan menuju kesuksesan.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan direncanakan sebelum Anda memulai, dan penting untuk mempersiapkan diri untuk berwirausaha. Jika Anda berpikir Anda siap untuk memulai bisnis pertama Anda, inilah gambaran selangkah demi selangkah dari apa yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkannya, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Perbaiki ide Anda

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis, Anda mungkin sudah memiliki gagasan tentang apa yang ingin Anda jual, atau setidaknya pasar yang ingin Anda masuki. Pelajari apa yang dilakukan pemimpin saat ini, dan cari tahu cara melakukannya dengan lebih baik. Jika Anda berpikir bisnis Anda dapat menghasilkan sesuatu yang tidak dilakukan perusahaan lain, Anda memiliki ide yang kuat dan siap untuk membuat rencana bisnis.

Pilihan lain adalah membuka waralaba perusahaan yang sudah mapan. Konsep, merek, dan model bisnis sudah ada, yang Anda butuhkan hanyalah lokasi yang baik dan sarana untuk membiayai operasi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tulis rencana bisnis

Setelah Anda memiliki ide, Anda perlu mengajukan beberapa pertanyaan penting kepada diri Anda sendiri: Apa tujuan bisnis Anda? Anda ingin menjual ke siapa? Apa tujuan akhir Anda? Bagaimana Anda akan membiayai bisnis Anda? Pertanyaan-pertanyaan ini dapat dijawab dalam rencana bisnis yang ditulis dengan baik.

Banyak kesalahan yang dibuat oleh pebisnis baru yang terburu-buru dalam berbagai hal tanpa merenungkan aspek-aspek bisnis ini. Anda perlu mencari target pelanggan Anda. Siapa yang akan membeli produk atau layanan Anda? Jika tidak ada permintaan untuk ide Anda, lalu apa gunanya?

Melakukan riset pasar menyeluruh di bidang Anda dan mencari calon pelanggan adalah bagian penting dalam menyusun rencana bisnis. Ini melibatkan melakukan survei, fokus penargetan, serta meneliti SEO dan data publik. Sebuah rencana bisnis membantu Anda mencari tahu ke mana arah perusahaan Anda, bagaimana ia akan mengatasi setiap potensi kesulitan dan apa yang Anda perlukan untuk mempertahankannya.

3 dari 3 halaman

3. Menilai keuangan Anda

Memulai bisnis apa pun pasti membutuhkan biaya, jadi Anda perlu menentukan bagaimana Anda akan menutupi biaya tersebut. Apakah Anda memiliki sarana untuk membiayai bisnis Anda, atau apakah Anda perlu meminjam uang? Jika Anda berencana untuk meninggalkan pekerjaan Anda saat ini untuk fokus pada bisnis Anda, apakah Anda punya uang yang disisihkan untuk mendukung diri sendiri sampai Anda mulai menghasilkan laba? Cari tahu berapa banyak yang Anda butuhkan.

Bisnis sering gagal karena mereka kehabisan uang terlalu cepat sebelum menghasilkan keuntungan. Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan, pinjaman komersial melalui bank adalah titik awal yang baik, meskipun ini seringkali sulit untuk dijamin. Jika Anda tidak dapat mengambil pinjaman bank, Anda dapat mengajukan permohonan pinjaman usaha kecil.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.