Sukses

Tol Bocimi Seksi I Dibuka Fungsional Mulai Jumat 8 Juni

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau proyek Tol Ciawi-Bogor-Sukabumi (Bocimi) Seksi I, yakni dari Ciawi sampai Cigombong. Dalam tinjauan tersebut, Basuki menyatakan bahwa ruas tol sepanjang sekitar 15,3 km tersebut sudah bisa dibuka secara fungsional pada Jumat (8 /6/2018).

"Seksi I sampai Cigombong sepanjang 15 km ini akan kita fungsikan besok sehabis salat Jumat. Saya kira sudah siap, jalan sudah jadi dan tinggal aksesoris-aksesoris seperti lampu penerangan jalan sehingga bisa fungsional," akunya di Ciawi, Bogor, Kamis (7/6/2018).

Sebagai komandan lapangan, ia menyerahkan mandat kepada pihak Kepolisian Resor (Polres) Bogor untuk mengatur pengoperasian tol yang berjalan fungsional ini.

Dengan dibukanya Tol Bocimi Seksi I, dia melanjutkan, itu bisa mengurai kemacetan parah yang kerap terjadi di jalan nasional menuju Kota Sukabumi, sekaligus memangkas waktu tempuh perjalanab dari Ciawi menuju Cigombong.

"Kita harapkan bisa mengurangi sedikit kepadatan antara Bogor dan Cibadak. Untuk tol ini sampai Cigombong kan ada dua pintu tol, Caringin dan Cigombong. Kalau ada yang padat kita tutup dulu sementara," tuturnya.

"Tol ini menghemat waktu perjalanan juga. Dari yang biasanya Ciawi-Cigombong itu hampir sejam, sekarang bisa cuma 20 menit," tambah Menteri Basuki.

 

 

1 dari 2 halaman

Gratis

Dia menambahkan, pemerintah nanti akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu sebelum meresmikan serta mengoperasikan Tol Bocimi Seksi I ini.

Ia pun membuat sedikit pengecualian, di mana ruas tol tak akan dikenai biaya pada saat mudik meskipun hitungan tarif sudah keluar.

"Jadi selama mudik ini gratis walaupun sudah ada tarifnya. Akan terus seperti itu sampai arus balik nanti. Kira-kira akhir Juli bisa diresmikan," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Bocimi Lengkapi Prospektifnya Hunian di Bogor
Artikel Selanjutnya
Ruas Tol Bocimi Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran