Sukses

Berkat Satu Kalimat Ini, Pria Ini Sukses Bangun Perusahaan Raksasa

Liputan6.com, New York - Rangkaian kata ternyata memiliki kekuatan yang luar biasa untuk mengubah hidup Anda. Arnold Donald, CEO perusahaan travel terbesar di dunia, Carnival Corporation, telah membuktikanya. Berkat satu kalimat saja, dia mampu bangkit dari kemiskinan dan menjadi pengusaha super kaya seperti sekarang.

Melansir laman CNBC, Jumat (24/5/2018), saat masih duduk di sekolah menengah, Donald dikenal sebagai murid yang sangat cerdas secara akademis. Sebab itulah, orangtuanya mendaftarkan Donald ke St. Augustine, sekolah menengah Katolik, khusus pria dan semuanya berkulit hitam, di New Orleans.

Setiap hari, tiga kali sehari, sekolah menyebarkan pesan melalui pengeras suara. 'Semuanya, siapkan diri kalian. Kalian akan menguasai dunia'. Begitulah pesannya.

Satu kalimat itu ternyata memiliki dampak yang sangat luar biasa pada Donald remaja kala itu. Bagaimana tidak, ia tumbuh di tengah keluarga yang sangat miskin, dan masuk sekolah menengah selama gerakan masyarakat sipil.

Di usia 16 tahun, Donald memutuskan dirinya akan menjadi general manajer di perusahaan global yang terdaftar di jajaran bergengsi Fortune 50. Lalu dia mulai mencatat baik-baik rencana karirnya.

"Saya memetakan karir saya sejak masih duduk di bangku sekolah menengah. Saya melanjutkan peta kerir saya saat kemudian duduk di bangku kuliah," terang CEO yang kini telah berusia 63 tahun tersebut.

Langkah pertamanya adalah memilih jurusan kuliah apa yang bisa membantunya mencapai tujuan hidupnya. Lalu dia mendaftar di sekolah bisnis. Karena dia ingin bekerja di perusahaan yang berbasis pada ilmu pengetahuan, dia lantas mengambil kuliah di jurusan teknik di Washington University.Namun itu semua tidak cukup baginya.

Dia lantas kembali kuliah di jurusan ekonomi guna memenuhi semua kualitas yang dibutuhkannya untuk melanjutkan karir. "Tujuan saja dulu adalah mengambil langkah berbeda dengan orang lain pada umumnya, tapi di saat yang sama bersiap lebih," katanya.

 

1 dari 2 halaman

Banjir tawaran

Segera setelah lulus, dia lantas menerima 20 tawaran pekerjaan dan menerima sebuah posisi di perusahaan bioteknologi pertanian di Missouri. Di usia 32 tahun, Donald berhasi mencapai mimpi pertamanya, menjadi general manajer di Monsanto.

Setelah 20 tahun bekerja di sana, Donald mendirikan sebuah perusahaan bernama Merisant. Dia menjadi CEO selama tiga tahun sebelum berhenti dan menjabat sebagai pimpinan selama 2 tahun sebelum berhenti di usia 51 tahun.

Pada Juli 2013, Donald mengambil alih Carnival yang kala itu sedang dalam keadaan terpuruk. Di bawah kepemilikannya, Carnival mengalami perubahan yang signifikan. Kini perusahaan travel mewah tersebut bernilai hingga USUD 48 miliar. Semuanya berkat satu kalimat yang dia dengar sejak dirinya masih remaja.

Artikel Selanjutnya
Miliarder Ini Anggap Dipecat sebagai Pengalaman Terindah Seumur Hidup
Artikel Selanjutnya
Riset: Wanita Lebih Cepat Jadi Miliarder Dibanding Pria