Sukses

Sulit Menabung? Coba Lakukan 4 Trik Ini

Menyimpan uang bisa menjadi salah satu tugas paling menantang yang dihadapi banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta - Menyimpan uang bisa menjadi salah satu tugas paling menantang yang dihadapi banyak orang dari bulan ke bulan dan tahun demi tahun. Padahal sebenarnya jika mau disiplin dan menjalankan aturan menabung yang Anda buat, tentu saja akan terasa jadi lebih mudah. 

Apalagi di jaman serba canggih ini, sudah banyak aplikasi keuangan pribadi gratis yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mempermudah Anda menabung, sehingga sebenarnya tidak ada lagi alasan yang mempersulit orang untuk membiasakan diri menabung dan menyimpan uang. 

Selain itu, beberapa cara di bawah ini juga bisa Anda pertimbangkan untuk mulai membangun tabungan dan menimbun kekayaan, berikut ulasannya seperti dilansir dari situs Globe News Wire:

- Amati Kebiasaan Anda Menghabiskan Uang

Jika berpikir Anda sering membelanjakan uang lebih banyak dari yang seharusnya namun tidak yakin bagaimana cara harus memangkas biaya tersebut, ini bisa menjadi ide yang baik untuk mengaudit sendiri dan melihat ke mana sebenarnya uang Anda banyak dihabiskan.

Saat ini sudah tersedia beberapa situs web yang dapat membantu menghubungkan akun Anda di satu tempat dan melacak pengeluaran yang Anda lakukan.

- Kritik dan Saran dari Teman Bisa Jadi Motivasi

Berlawanan dengan kebijaksanaan konvensional, saran atau kritik dari teman tidak selalu harus menjadi hal yang buruk. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan University of Maryland, kritik dari teman perihal keuangan dan kebiasaan Anda menghabiskan uang benar-benar dapat membantu mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Para peneliti mempelajari kebiasaan pengeluaran orang-orang yang menggunakan situs keuangan pribadi dari moneystatus.com dan menemukan saat penggunanya tahu mereka membelanjakan uang lebih banyak dibanding rekan-rekannya, cara ini terbukti dapat mengurangi pengeluaran mereka hingga rata-rata 23 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

- Identifikasi Masalah

Mungkin membeli sepatu kets keluaran terbaru di mal adalah satu keharusan yang Anda lakukan, atau mungkin makan di luar dengan teman-teman tampak selalu menggiurkan. Setelah membandingkan pengeluaran dengan teman yang lain, Anda dapat mengetahui apakah Anda terlalu banyak mengeluarkan uang.

Cobalah untuk tidak sepenuhnya menghilangkan hobi atau kegiatan favorit Anda selama ini. Namun lihatlah apakah itu masuk akal, jika tidak, kurangi kebiasaan tersebut. 

-  Tetapkan Anggaran yang Logis

Meskipun kedengarannya mudah membuat anggaran biaya setiap bulan, hal itu sebenarnya bisa menjadi sangat sulit. Daripada menghabiskan waktu dan upaya untuk mencapai tujuan yang tidak realistis, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi online yang tersedia untuk membantu menetapkan patokan pengeluaran yang ingin dicapai dari bulan ke bulan.

Cara ini akan membantu menetapkan batas pengeluaran yang wajar dan secara otomatis memprediksi pengeluaran Anda di masa mendatang untuk memperingatkan sebelum Anda mencapai atau melebihi anggaran yang disediakan.

Menyimpan uang dapat menjadi tantangan bagi orang-orang di semua bidang kehidupan, tetapi dengan membuat segala sesuatunya terencana dapat membantu Anda mengubah pandangan kehidupan keuangan Anda menjadi lebih baik. ​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.