Sukses

6 Pengeluaran Rutin yang Cuma Ada saat Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan ini merupakan momen yang pas bagimu untuk menahan hawa nafsu. Tidak hanya menahan godaan es dawet di siang hari yang panas atau harumnya gorengan dari gerobak samping kantor, tapi godaan-godaan lain yang lebih ‘mahal’.

Bulan Ramadan juga identik dengan berbagai macam pengeluaran yang tak kamu temui di hari-hari biasa. Nah, berikut adalah 6 macam pengeluaran yang harus kamu antisipasi pada bulan puasa seperti dikutip dari Swaratunaiku:

1. Makanan yang lebih bervariasi untuk berbuka

Entah kenapa, saat berpuasa, rasa-rasanya kamu jadi lebih royal dengan makanan. Benar, nggak tuh? Mulai dari sahur yang harus lengkap dengan buah-buahan dan susu, sampai sajian berbuka puasa yang harus ditemani kurma dan dessert sebagai penutup.

Tidak salah, sih. Hanya saja kamu harus bijak mengelola pengeluarannya ya. Ingat, harga kebutuhan pokok cenderung meningkat, lho selama bulan puasa. Itu berarti, pengeluaran untuk berbelanja bahan makanan pun pasti membengkak.

2. Undangan buka puasa bareng yang datang dari segala penjuru

Bulan puasa berarti undangan untuk bukber (buka bareng) akan datang bertubi-tubi. Tak hanya dari rekan sekantor, tapi juga dari teman semasa SD yang mungkin sudah puluhan tahun tak bertemu.

Nah, ini sekaligus jadi kesempatan untuk reuni! Tapi, usahakan untuk membatasi diri, ya. Bukannya tidak mau menjalin silaturahmi, kalau keseringan, yang ada malah kantong jebol dan menganggu pos pengeluaran yang lain.

 

1 dari 4 halaman

3. Open order kue-kue lebaran

Saatnya mengeluarkan toples-toples cantik yang setahun belakang hanya dipajang di lemari kaca. Ibu-ibu di rumah sudah mulai ramai menentukan kue-kue yang akan bertengger di meja tamu.

Biasanya, obrolan open order kue-kue lebaran mulai memenuhi obrolan. Mau tidak mau, kamu harus menyisihkan uang lebih demi terjaminnya pasokan nastar dan kastengel yang memadai.

2 dari 4 halaman

4. Jatah baju baru untuk lebaran

“Baju baru, alhamdulillah.  Untuk dipakai di hari raya!” Kamu setuju? Di hari raya tanpa baju baru rasanya memang kurang lengkap. Alhasil, pasti kamu mulai bergerilya di pusat perbelanjaan. Promosi dari berbagai brand-pun pasti bertebaran. Hati-hati, jangan gampang terbuai bujuk rayu diskon dan sale, ya!Persiapan oleh-oleh dan angpau untuk saudara di kampung

Buat kamu yang perantau, tak enak rasanya kalau harus pulang kampung dengan tangan kosong. Pasti harus ada buah tangan yang kamu bawa, kan? Karena kamu sudah termasuk orang dewasa yang sudah bekerja, jangan lupa mempersiapkan dana angpau untuk saudara-saudaramu, ya.

 

3 dari 4 halaman

5. Ongkos mudik

Lebaran identik dengan mudik. Makanya, pengeluaran yang satu ini sudah seharusnya menjadi prioritasmu. Usahakan untuk mulai mencari tiket dari sekarang, yuk.

Semakin dekat dengan hari Lebaran, harga tiket pasti bakal lebih mahal. Sebelum menghabiskan uangmu dengan keperluan lain, pastikan dulu dana tiket PP-mu telah terjamin.

Artikel Selanjutnya
Hari ke-12 Puasa Ramadan, Cek Jadwal Imsak dan Doa Niat Puasa
Artikel Selanjutnya
Staycation Sambil Beribadah di Bulan Ramadan? Ini Caranya