Sukses

Rupiah Melemah, Lakukan 3 Hal Ini biar Tak Bokek

Ada tiga cara yang bisa kamu terapkan agar keuangan tetap selamat saat rupiah melemah.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah melemah nyaris menyentuh Rp 14 ribu per dolar Amerika Serikat (AS). Pelemahan rupiah ini membuat pemerintah dan BI terus memantau pergerakan dolar AS. Tujuannya agar pelemahan tidak semakin dalam.

Ada baiknya juga kamu juga jaga-jaga supaya tidak terkena imbas pelemahan rupiah. Ada tiga cara yang bisa kamu terapkan agar keuangan tetap selamat saat dolar AS lagi mengamuk seperti dikutip dari CekAja.com:

Pertama: tahan diri belanja barang impor

Pelemahan rupiah ini membuat harga barang impor, seperti sepatu dan parfum, naik otomatis. Sebab, perdagangan antarnegara kebanyakan menggunakan dolar AS. Lebih baik menunggu barang impor saat harganya kembali murah.

Kedua: tunda rencana liburan ke luar negeri

Pelemahan rupiah membuat uang kamu bernilai rendah jika ditukar ke mata uang asing. Depresiasi rupiah akan membuat biaya perjalanan dan akomodasi untuk liburan ke luar negeri membengkak.

Kalau mau pelesir ke luar negeri, lebih baik ditunda. Kalau sudah terlanjur membeli tiket, alokasikan uang tunai untuk dijaga. Belanjalah menggunakan kartu kredit untuk jaga-jaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketiga: investasi

Investasi menjadi salah satu cara cerdas untuk menjaga keuangan dari beragam dampak negatif, termasuk pelemahan rupiah. Kamu bisa memilih produk investasi yang sesuai, seperti emas, reksa dana, saham, surat utang, sampai properti. Kerennya, kamu bisa membeli reksa dana dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini