Sukses

Menteri PUPR: Jalur Tol Trans Jawa Sudah Bisa Dilalui pada Mudik 2018

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan Tol Trans Jawa sudah bisa dilalui pada musim mudik Lebaran 2018 ini. Namun memang, sebagian masih akan beroperasi secara fungsional.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR menargetkan keseluruhan ruas di Tol Trans Jawa sudah dapat beroperasi seutuhnya pada tahun ini dan bisa dilalui untuk rute mudik.

"Tol Trans Jawa 2018 ini sudah nyambung semua dan beroperasi. Kalau mudik mungkin baru bisa dilalui, fungsional istilahnya," ucapnya seperti ditulis Rabu (11/4/2018).

"Tapi sudah bentuk jalan tol, bukan darurat kayak dulu lagi," kata dia.

Dia menegaskan salah satu ruas dari Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan diresmikan kembali dalam waktu dekat.

"Kalau tol di Medan sudah sebentar lagi, Mei nanti bisa diresmikan lagi yang antara Tebing Tinggi," ujar dia.

Untuk diketahui, seksi 3, 4, 5, dan 6 Tol MKTT telah beroperasi pada 2017. Rencananya, dua seksi sisa, yakni seksi 1 dan 2 juga akan mulai dioperasikan.

2 dari 2 halaman

Menteri PUPR: Pemudik Nanti Sudah Bisa Melewati Tol Trans Jawa

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan seluruh ruas Tol Solo-Ngawi siap beroperasi saat mudik Lebaran 2018. Tol sepanjang 90,4 kilometer (km) tersebut akan dikelola oleh anak usaha PT Jasa Marga Tbk, yaitu PT Jasamarga Solo Ngawi.

‎Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, mengatakan per 31 Maret 2018, kemajuan pembebasan lahan telah mencapai 96,79 persen. Sedangkan kemajuan konstruksi mencapai 87,42 persen.

"Progres Solo-Ngawi itu 87,4 persen, sebagian akan dioperasikan pada Mei dan akan dituntaskan sebelum mudik," ujar dia di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Selain ruas tol tersebut, sejumlah proyek tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Jawa juga ditargetkan rampung pada 2018. Untuk Batang-Semarang, hingga saat ini kemajuannya sebesar 74 persen dan ditargetkan rampung pada kuartal IV 2018.

"Yang akan selesai di 2018, Batang-Semarang per Maret ini 74 persen, jadi sudah sangat tinggi dan kami akan selesaikan di kuartal IV 2018. Semarang-Solo khusus Salatiga-Kertosuro itu progresnya 61 persen. Kami juga selesaikan di akhir tahun ini," tutur dia.

Terakhir, proyek Ngawi-Kertosono juga akan diselesai pada semester II 2018. Saat ini proyek di ruas tersebut yang menjadi jatah Jasa Marga telah diresmikan pada akhir bulan lalu. Saat ini menunggu penyelesaian dari ruas tol Ngawi-Kertosono yang menjadi bagian dari pemerintah melalui APBN.

"Ngawi-Kertosono yang menjadi bagian APBN akan diselesaikan pada semester II tahun ini. Untuk yang dihandle Jasa Marga sebagai BUJT baru saja diresmikan 29 Maret lalu. ‎Jadi 2018 ini Trans Jawa yang selesai," ujar dia.

Artikel Selanjutnya
Menteri PUPR Angkat Bicara soal Polemik Underpass Matraman
Artikel Selanjutnya
Tol Trans Jawa Bakal Tersambung hingga Semarang Saat Lebaran